UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh faktor-faktor budaya perusahaan dan fungsi operasional manajemen personalia terhadap produktivitas kerja pada PT. ZZZ di Jakarta

Heru Kreshna Reza; Sasa Djuarsa Sendjaja, supervisor; Azhar Kasim, examiner; M. Syamsul Maarif, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Sumber daya manusia adalah merupakan aspek yang paling vital di dalam suatu penusahaan/organisasi akan tetapi sampai saat ini ungkapan tersebut masih merupakan slogan tanpa makna karena dari pihak perusahaan sumber daya manusia belum dapat dijadikan human investment. Bertitik tolak dari masalah tersebut, penulis mencoba menuangkan permasalahan sumber daya manusia dilihat dari aspek Budaya Perusahaan dengan fungsi Operasional Management Personalia. Permasalahan sumber daya manusia adalah bersifat dinamis artinya, permasaiahan cenderung bergerak naik, oleh karena itu solusinya tidak dititikberatkan pada gejala-gejala akan tetapi terpola dan terpadu. Sumber daya manusia yang baik adalah mampu menciptakan produktivitas kerja yang tinggi, oleh karena itu penulis mencoba melakukan penelitian dengan menggunakan SPSS (Statiscal Package for the Social Science) guna dapat mengetahui pengaruh aspek budaya perusahaan dan fungsi operasional manajemen personalia terhadap produktivitas kerja.
Hasil yang diperoleh secara ringkas menunjukkan:
1. Tanggapan para karyawan/ti terhadap Budaya Perusahaan cenderung lemah.
2. Tanggapan para karyawan/ti terhadap Fungsi Operasional Management Personalia relatif sedang.
3. Secara keseluruhan baik untuk tingkat Top Manager dan Middle Manager serta Low Manager dan Staf (Non-Struktural) ternyata variabel Budaya Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja.
Secara keseluruhan ternyata variabel Fungsi Operasional manajemen Personalia untuk tingkat Top Manager dan Middle Manager mempunyai koefisien korelasi - .301 artinya berpengaruh terbalik terhadap Produktivitas Kerja sedangkan untuk tingkat Low Manager dan Staf (Non Struktural) tidak berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, kiranya perlu dilakukan langkah-langkah pembenahan, baik untuk membenahi pandangan terhadap Budaya Perusahaan, Fungsi Operasional Perusahaan maupun Produktivitas Kerja yang terpola, terpadu dan berkesinambungan.

 File Digital: 1

Shelf
 T6503-Heru Kreshna Reza.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 213 pages ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-748604501 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 92659
Cover