UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Efektivitas layanan konseling melalui pendekatan sugestif dibandingkan konseling melalui pendekatan persuasif terhadap prestasi belajar mahasiswa akademi akuntansi Trisakti dengan indeks prestasi kumulatif di bawah 2

Tritana Gondhoyoewono; Singgih D. Gunarsa, supervisor ([Publisher not identified] , 1991)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian Bimbingan dan Konseling di perguruan tinggi di Indonesia telah banyak dilakukan, tetapi penelitian tentang keefektifan pendekatan konseling, selama ini masih belum banyak dilakukan. Penelitian ini mencoba untuk meneliti efektivitas layanan konseling khususnya terhadap dua pendekatan yaitu layanan konseling dengan pendekatan sugestif dan layanan konseling dengan pendekatan persuasif.
Kelompok sampel pada penelitian ini terdiri atas 20 mahasiswa yang memperoleh layanan konseling dengan pendekatan sugestif, 20 mahasiswa yang memperoleh layanan konseling dengan pendekatan persuasif, 20 mahasiswa sebagai kelompok kontrol tidak mendapat layanan konseling.
Populasi penelitian ialah mahasiswa Akademi Akuntansi Trisakti semester 3 tahun ajaran 1990/1991 yang IPK-nya kurang dari 2,0; dan sampel ditentukan dengan randomisasi.
Ada tiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Pertama: peningkatan prestasi belajar mahasiswa yang mendapatkan layanan konseling dengan pendekatan sugestif secara signifikan lebih tinggi daripada peningkatan prestasi belajar mahasiswa yang tidak mendapatkan layanan konseling. Kedua: peningkatan prestasi belajar mahasiswa yang mendapatkan layanan konseling dengan pendekatan persuasif secara signifikan lebih tinggi daripada peningkatan prestasi belajar mahasiswa yang tidak mendapatkan layanan konseling. Ketiga: peningkatan prestasi belajar mahasiswa yang mendapatkan layanan konseling dengan pendekatan sugestif secara signifikan berbeda daripada peningkatan prestasi belajar mahasiswa yang mendapatkan layanan konseling dengan pendekatan persuasif.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: a). layanan konseling dengan pendekatan sugestif dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiwa, b). layanan konseling dengan pendekatan persuasif dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, c). tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pendekatan sugestif dan pendekatan persuasif dalam hubungannya dengan peningkatan prestasi belajar mahasiswa.
Tesis ini ditutup dengan saran-saran praktis bagi instansi terkait khususnya Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III, Akademi Akuntansi Trisakti serta peneliti lain yang berminat melakukan penelitian sejenis.

 File Digital: 1

Shelf
 T1939-Tritana Gondhoyoewono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1991
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 162 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-801882669 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 93199
Cover