UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peranan Manchuria dalam perang saudara III di Cina (1945-1949)

Roring, Albert P.J.; Abdullah Dahana, supervisor; Leirissa, Richard Zakarias, supervisor (Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Bagaimana sebuah negara yang memiliki latar belakang kesejarahan dinasli beserta tradisinya selama ribuan tahun seperti Cina dapat memiliki sebuah partai komunis yang bahkan kckuasaan dan pengaruhnya tidak kaiah bcsar dibandingkan dengan kaisar-kaisar Cina yang rnernerintah pada masanya?
Setelah jatuhnya kekaisaran Qing pada tahun 1911 Oleh kelompok elit Cina yang menginginkan pembahan sistim pemerintahan, semakin marak pula pemikiran dan gagasan barn muncul di Cina yang akhirnya sampai pada pembentukan Partai Komunis Cina di tahun 1921.
Panai Nasionalis Cina (Kuomintang) yang lcbih dulu lahir tidak pemah mau berbagi kekuasaan dengan PKC bahkan ingin menghancurkan pesaingnya ini. Dari tahun |921 sampai Jepang menginvasi Cina mulai tahun 1931 kekuatan PKC masih di bawah Kuomintang. Namun di antara tahun 1937 sampai 1945 di masa mcrcka melakukan kerja sama melawan Jepang, PKC berhasil merekrut banyak petani melalui pembagian tanah dan pro gram reformasi yang nlereka laksanakan.
Selain keberhasilan program-programnya di daerah pedesaan, PKC juga berhasil menguasai wilayah kunci, yaitu Manchuria yang menjadi basis Jepang selama menginvasi Cina. Di wilayah yang berbatasan dengan Uni Soviet inilah PKC mendapat segala sesuatu yang dibutuhkan untuk memenangkan pcrang melawan Kuomintang. Keberhasilan PKC juga tidak lepas dari sepak-terjang Uni Soviet di wilayah ini sejak bom atom ke dua Amerika menghantam Nagasaki pada tanggal 9 Agustus tahun 1945.

 File Digital: 1

Shelf
 T6585-Albert P. J. Roring-full text.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T6585
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 102 hlm. ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T6585 15-19-851542480 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 93408
Cover