UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Membentuk nilai-nilai sahabat untuk mengurangi bullying di SMA Z

Sopacua, Willem; Ratna Djuwita, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Bullying adalah fenomena sosial yang sangat mempengaruhi siswa di sekolah. Hampir setlap sekolah masih melihat bullying sebagai suatu tradisi dimana senior merasa memiliki kuasa, populer dan memiliki sikap tidak toleran dan bersahabat. Kondisi ini memacu tim intervensi untuk melakukan program intervensi bagi sekolah dengan kategori Guru, Orang Tua dan Siswa.
Program Sababat (Kasih Sayang, Harmoni, Baik budi dan Tanggung jawab) adalah program intervensi yang di lakukan dalam rangka mengurangi perilaku bulllying di sekolah. Program sahabat ini dimaksudkan supaya siswa sendiri menyadari dirinya sebagai aset berharga bagi kebidupan hari depan. Siswa adalah agen perubahan. Program sahabat ini bertujuan juga untuk membentuk nilai-nilai sahabat yang akan dimiliki oleh siswa untuk membangun pertemanan, persahabatan yang akrab dan toleran. Perilaku bullying harus ditangani secara sistematik yang melibatkan semua elemen sekolah seperti Guru, Orangtua dan siswa. Sekolah sebagai institusi yang bertanggung jawab melakukan tugas pembinaan, pendidikan dan pendampingan harus melihat bullying sehagai hal yang harus mendapat perorangan secara sungguh-sungguh. Oleh karena itu peneliti dan tim intervensi merasa perlu untuk membantu sekolah melalui program sababat dalam rangka mengurangi perilaku bullying disekolah.
Baseline studi dalam upaya mendapat gambaran tentang masalah bullying disekolah dilakukan melalui observasi, wawancara. Workshop dan diskusi dalam kelompok. Hasil baseline menunjukkan bahwa ternyata perllaku bullying ada pada SMA Z. Hasil intervens menunjukkao bahwa program sahabat yang dilakukan oleh tim intervensi mendapat tanggapan positif dari sekolah seperti : Guru, Orangtua dan slswa. Pada kategori siswa perilaku bullying pun berkurang. Oleh karena itu harapan peneliti dan tim intervensi adalah supaya Program Sahabat ini terus ditindaklanjuti dan ditingkatkan dalam upaya menghilangkan perilaku bullying di sekolah.

 File Digital: 1

Shelf
 T17666-Willem Sopacua.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T17666
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 49 hlm. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17666 15-20-042329197 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 93735
Cover