UI - Tesis (Membership) :: Kembali

UI - Tesis (Membership) :: Kembali

Analisa pengaruh manajemen material berbasis kinerja waktu proyek terhadap kinerja biaya proyek dengan simulasi monte carlo

Neswida; Ismeth Abidin, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002)
 Abstrak
Dalam pengalokasian sumber dana untuk pelaksanaan proyek, material merupakan sumber daya yang mengadopsi terbesar sumber dana proyek. Dengan melakukan pengaturan material dalam pelaksanaan proyek maka akan mcmpengaruhi waktu dan biaya pelaksanaan proyelc. Beberapa penyebab yang mengakibatkan tidak efektif dan eiisiennya pengelolaan material dimulai dari perencanaan yang akan menjadi acuan pada tahap pelaksanaan proyek.

Sistem manajemen material yang tidak baik akan berpengatuh terhadap penjadualan penyelesaian proyek yang bisa menyebabkan penjadualan proyek menjadi mundur (schedule overrun), penambahan biaya proyek yang melebihi dari yang sudah ditentukan (cost overrun).

Penelitian ini mencoba menjelaskan dan mengetahui faktor-faktor manajemen material yang berpengaruh terhadap pelaksanaan proyek. Penelitian ini dianalisa dengan menggunakan metode statistik pendekatan probabilistik yang kemudian berfungsi untuk mengukur dan menganalisa serta mengukur seberapa besar faktor-faktor proses manajemen material yang berbasiskan kinerja waktu proyek tersebut mempengamhi kinerja biaya proyek.

Dari hasil penelitian yang diperoleh melalui analisa statistik dapat dibuktikan bahwa dengan pelaksanaan proses manajemen material dapat mempengaruhi dan meningkatkan atau menunurunkan kinerja proyek, baik kinerja waktu pelaksanaan proyek maupun kinerja biaya proyek bangunan gedung bertingkat. Juga dalam pelaksanaannya terdapat range dari kinerja proyek yang mempunyai resiko dalam pelaksanaan proyek sehingga perlu mendapat perhatian khusus. Hal ini diperoleh melalui analisis probabilitas.
 File Digital: 1
Shelf
 T5255-Neswida-full text.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Metadata
No. Panggil : T5255
Pengarang :
Pengarang/kontributor lain :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Naskah Ringkas :
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 288 hlm. ill. ; 29 cm. + lamp.
Catatan Bibliografi :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T5255 15-20-188597210 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 95440