UI - Disertasi Membership :: Kembali

UI - Disertasi Membership :: Kembali

Citra wanita dalam lima novel terbaik Sinclair Lewis dan gerakan wanita di Amerika

Soenarjati Djajanegara; Haryati Soebadio, promotor; Harsja W. Bachtiar, 1934-, co-promotor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1987)

 Abstrak

ABSTRAK
Sepanjang masa kariernya sebagai penulis, yang lamanya sekitar tiga puluh tujuh tahun, Sinclair Lewis telah menulis dua puluh dua buah novel, dua buah kumpulan ceritera pendek dan esei, tiga buah sandiwara, dan ratusan tulisan lainnya mengenai berbagai topik. Tidak ada satu bidang dalam kehidupan di Amerika yang luput dari pengamatannya.
Hike and the Aeroplane adalah karyanya yang pertama, yang ditulisnya di tahun 1912 dengan nama samaran Tom Graham, dan yang merupakan ceritera bagi anak laki-laki. The Job dan Ann Vickers mengisahkan perjalanan karier wanita. Jika Main Street dan Babbitt mengisahkan kehidupan dan tingkah laku orang di kota kecil Amerika, Dodsworth dan World so Wide menceriterakan orang Amerika di Eropa. Elmer Gantry adalah ungkapan pendapat Lewis mengenai kaum pendeta, sedangkan Kingsblood Royal_ mengupas masalah rasial kulit hitam. Meskipun bukan biografi, Free Air didasarkan atas kesan-kesan Lewis setelah dia bersama istrinya mengadakan perjalanan keliling dengan mengendarai mobil di tanah airnya. Sedangkan Mantrap ditulis setelah Lewis mengunjungi daerah pedalaman Kanada bersama kakaknya, Dr. Claude Lewis. Arrowsmith merupakan novel mengenai bidang kedokteran, The Man Who Knew Coolidge dan It Cantt Happen Here menyinggung masalah politik, serta Cass Timberlane mempersoalkan kehidupan perkawinan. Demikianiah hanya beberapa contoh yang menunjukkan betapa luasnya ruang lingkup perhatian Lewis yang dituangkannya dalam novel-novelnya.
Di samping menjadi novelis Lewis juga sering bertindak sebagai pengkritik sastra, sebagaimana tampak dari berbagai ulasan yang ditulisnya tentang hasil karya rekan-rekan seprofesinya. Kritik-kritik demikian sering dimuat dalam beraneka majalah, misalnya "Floyd Dell," dalam The Bookman,."John Ames Mitchell, Novelist, Editor and Artist," dalam The Book News Monthly, atau "Ioway and the Countess," tinjauan tentang karya Carl Van Hechten "The Tattooed Countess", dalam Saturday Review of Literature.
Isi tulisan-tulisan dalam berbagai majalah tersebut tidak terbatas kepada kritik sastra atau bidang kesusastraan semata, melainkan memuat bermacam-macam topik, dari soal periklanan, yang ditulisnya dalam "Gladvertising," sampai kepada bidang perhotelan dalam karangannya yang berjudul "Sinclair Lewis Finds Italy's Inns a Model for U.S. Hotels

 File Digital: 1

Shelf
 Citra wanita-Full text (D 98).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Disertasi Membership
No. Panggil : D98
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1987
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : vi, 380 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
D98 07-18-970440051 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 96086
Cover