UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Optimalisasi portofolio investasi pada asuransi XYZ

Stefanus Rizal Leowardy; Manurung, Adler Haymans, 1961-, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Permintaan masyarakat terhadap produk asuransi terutama asuransi kerugian di Indonesia pasta krisis moneter serta adanya risiko-risiko yang berdampak fundamental seperti huru-hara, gempa bumi dan banjir telah meningkat sangat tinggi. Menurunnya kondisi perekonornian tersebut mengharuskan perusahaan asuransi meningkatkan risk assessment agar tetap mendapatkan hasil underwriting yang baik dengan menolak atau menerima penutupan alas risiko, meningkatkan bisnis korporat dengan membuat strategi penetrasi pasar yang agresif, melakukan efisiensi biaya, meningkatkan sistem keagenan dan kemitraan, memperbaiki sistem dan prosedur untuk menunjang keputusan manajemen dalam kebijakan operasional dan pemasaran serta meningkatkan pendapatan invesatsi. Namun demikian daya beli masyarakat yang melemah akibat krisis ekonomi dan persaingan dalam dunia usaha yang tinggi telah mengakibatkan peningkatan permintaan tersebut tidak berpengaruh secara signi-ikan terhadap peningkatan pendapatan perusahaan.
PT. Asuransi XYZ merupakan perusahaan asuransi kerugian di Indonesia yang memiliki portfolio investasi pada deposito. saham, obligasi, dan reksa dana. Hasil investasi ini secara terus menerus ditingkatkan untuk mendukung hasil underwriting sehingga laba yang diharapkan akan terus men ingkat setiap tahunnya. Sebagai kesungguhan dari perusahaan, Asuransi XYZ mendirikan divisi khusus untuk mengelola investasinya.
Permasalahan yang timbul sehubungan dengan pengelolaan dana investasi tersebut adalah beragamnya alternatif investasi dengan risiko serta jenis aset investasi yang terdapat dalam suatu portfolio yang nantinya akan memberikan tingkat hasil yang optimal bagi perusahaan. Pemilihan portfolio yang dimaksud adalah portfolio yang efisien, yaitu portfolio yang akan memberikan return yang maksimal dengan tingkat risiko tertentu atau portfolio yang memberikan tingkat return tertentu dengan tingkat risiko yang terendah. Sedangkan optimalisasi portfolio adalah memilih portfolio yang efisien dari sekian banyak pilihan portfolio yang terbentuk dari hasil olahan.
Karya akhir ini akan memberikan analisia portfolio investasi pada Asuransi XYZ yang didasarkan atas metode diversifikasi yang dibuat oleh Markowitz.
Langkah - langkah yang akan dilakukan adalah pertama melakukan analisa portfolio perusahaan yang ada pada saat ini. Langkah kedua adalah menetapkan portfolio yang optimal yang disusun dengan metode Markowitz. Langkah ketiga adalah membandingkan antara portfolio perusahaan yang ada pada saat ini dengan portfolio basil olahan dengan metode Markowitz, kemudian dari hasil perbandingan tersebut dilakukan uji nonparameter Sign Test untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara portfolio perusahaan yang ada pada saat ini dengan portfolio perusahaan dengan metode Markowitz. Hasil yang diperoleh dari analisis portfolio investasi pada Asuransi XYZ adalah bahwa portfolio investasi yang dilakukan oleh perusahaan pada saat ini masih belum cukup optimal. Kemudian dari basil tersebut akan diberikan beberapa masukan tentang strategi pengelolaan investasi serta saran untuk meningkatkan pendapatan perusahaan yang diperoleh dari basil investasi.

The demand for insurance products such as general insurance in Indonesia during the post-monetary crisis and the fundamental risks such as riots, earthquakes, and floods has been increasing very high. The economic downfall condition has made the insurance companies get higher risk assessments in order to get good underwriting result by either refusing or receiving upon risk closing, increase corporate business with aggressive market penetration, cost efficiency, expand agency system and partners, recover system - and procedure to support the management decision in operation and marketing regulation also to increase the return on investment. n the other hand, the decreasing purchasing power of the community caused by the monetary i risis and the high business competition have made the increasing demand mentioned above do not have a significant effect to the companies' increasing income.
XYZ Insurance is a general insurance in Indonesia which have investment portfolio in time deposit, shares, bond, and mutual fund. The result of the investment is continuously increased in order to support underwriting result so that the expected profit would increase gradually each year. XYZ Insurance would even build an investment division to manage its investment.
The problem comes up as the result of the management on investment is that the variety of investment with risks and types of asset investment in a portfolio which will give the most advantageous result to the company. An efficient portfolio is a portfolio that would give a maximum result with a certain risk or a portfolio that would give a certain return with a minimum risk. And an optimum portfolio is to select the most efficient portfolio which created from the result of the analysis.
This thesis will give the investment portfolio analysis in XYZ Insurance based on diversification method by Markowitz.
The first step is to analyze the existing company's portfolio at the present time. Second step is to determine the optimum portfolio by using Markowitz method. Third step is to compare between the existing company's portfolio at the present time and optimum portfolio by using Markowitz method. After that the comparison will be tested by nonparametric Sign Test to show whether there is a significant difference between the two portfolios. The result shows that the investment portfolio analysis in XYZ Insurance is not in its best condition. And from the result shown, there will be a given strategies on how to manage a better investment along with the suggestions in order to increase the company's income from the return on investment.

 File Digital: 1

Shelf
 T 18426-Optimalisasi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T18426
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 108 lembar; il., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T18426 15-19-662035043 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 96205
Cover