UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Identifikasi faktor-faktor internal manajemen material konsep just in time dan kesiapan penerapannya pada industri konstruksi di indonesia

Sri Subekti Pertiwi; Bambang Trigunarsyah, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Dalam industri konstruksi, pengelolaan material mempakan hal yang penting. Pengelolaan yang kurang baik akan menimbulkan pemborosarl. balk pada persedian material yang berlebihan maupun fasilitas tempat persediaan (gudang). Untuk itu suatu sistem pcngelolaan material yang tepat perlu dilaksanakan.
Salah satu konsep yang potensial adalah melalui manajemen material Jus: In Time (JIT). Just In Time adalah salah Satu cara untuk melaksanakan suatu pekerjaan dengan tepat waktn dan dengan biaya yang sesedilrit mungkin sehingga dapat mernpcrbaiki struktur biaya proyek dan pelayanan klien. Tujuan akhimya adalah agar pelaksana konstrulcsi memenuhi spa.-siftlcasi dan keinginan pelanggan, yang dalam hal ini adalah pemilik(owner).
Hasil penelitian menggambarkan bahwa industri konstruksi di Indonesia sudah melakukan manajemen material dan siap untuk menerapkan manajemen material dengan konsep Just In Time, yang terlihat dari kecendenmgan pcnisahaan sudah melibatkan faktor-fal-ctor internal dan ekstnernal dalam tahapan-tahapan manajemen material. Tetapi dalam penerapannya harus mendapat dukungan sepenuhnya dari perusahaan, selektif dalam pemilihm pemasok yang berkualitas dan bertanggung jawab yang dapat menimbulkan asas saling percaya antara perusahaan dengan pemasok, dan lain sehagainya.

Managing material is the important thing in construction industry. Mismanaging will cause negative effect to cfticiency, to stock of material that is abtmdant, or to facility for inventory (warehouse). Therefore, the right concepts for managing material need to be applied.
One of many potential concepts in managing material is J ust ln Time, a way to do tasks in time with minimum cost, so it cart improve project cost structure and client service. The objective of this concept is that a project will be finished as per specific project requirements.
Result of research indicates that construction indtstry in Indonesia has clone material management, and ready to apply managing material with .lust ln Time concept, which can be seen through company?s trend in involving intemal and external factors. ln it's application, Just In Time must be hilly supported by company as internal factors, be selective in choosing supplier which is qualified and responsible to contract, than it will create good relationship between company and supplier, and so on.

 File Digital: 1

Shelf
 T5582-Sri Subekti Pertiwi-full text.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T5582
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 155 hal.: ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T5582 15-20-947912437 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 96242
Cover