UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis perencanaan strategi informasi pada perusahaan tambang batubara bcoi

Tampubolon, Henry Ronald; Setyo Hari Wijanto, supervisor (Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Salah satu strategi dalam meningkatkan daya saing adalah melalui pengembangan peran sistem informasi dalam perusahaan. Jika sebelumnya peranan sistem informasi hanya sebagai proses penunjang saja dalam memperoleh data dengan titik berat pada efisiensi biaya operasional, minimalisasi risiko operasi, peningkatkan produktivitas, ketepatan dan keamanan operasi dari berbagai fungsi perusahaan, maka pada saat ini peranannya telah berubah menjadi alat strategik dalam perusahaan untuk meningkatkan kemampuan bersaingnya.
Secara khusus dapat dinyatakan bahwa penyusunan dan pengembangan perencanaan strategi informasi merupakan upaya peningkatan peranan fungsi dan nilai sistem informasi setiap unit kegiatan manajemen dan operasional perusahaan, dalam rangka memenuhi kebutuhan di saat ini dan di masa yang akan datang serta meningkatkan nilai dari perusahaan itu sendiri
BCOI sebagai salah satu perusahaan pertambangan batu bara di Indonesia, dalam menghadapi persaingan yang ada dan menjawab tantangan di masa depan memerlukan suatu perencanaan strategi informasi yang terintegrasi. Hal ini dikarenakan di dalam persaingan pada era bebas tidak memungkinkan bagi perusahaan batubara beroperasi tanpa dukungan sistem dan teknologi informasi yang handal.
Permasalahan strategi yang dihadapi oleh perusahaan saat ini adalah dengan tersebarnya lokasi kantor-kantor tambangnya di kawasan Kalimantan Timur dan Selatan, diperlukannya restrukturisasi ruang lingkup usaha untuk memudahkan perusahaan melakukan perencanaan, pengendalian dan pengawasan, pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya yang ada, serta peningkatan kapasitas produksi guna pemenuhan kebutuhan batubara di kawasan Asia-Pasifik. Permasalahan operasional yang dihadapi oleh perusahaan secara umum adalah kendala dalam mengakses data yang ada pada beberapa fungsi perusahaan, di samping itu diperlukannya sarana untuk menyebarluaskan informasi dalam ruang lingkup usaha.
Dalam metakukan penyusunan karya akhir ini digunakan metodologi Information Engineering atau Rekayasa Informasi yang terdiri atas perencanaan strategi informasi, analisis area bisnis, perancangan sistem konstruksi dan implementasi. Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini maka analisa pembahasan dibatasi hanya pada tahap perencanaan strategi informasi. Di mana analisa dalam karya akhir ini dapat dikelompokkan menjadi 2 (dua) bagian pokok yaitu yang menjadi kebutuhan bisnis perusahaan akan informasi dan yang mengenai sistem informasi yang ada di perusahaan pada saat ini.
Pembuatan formulasi perencanaan strategi inforrasi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Multiple Methodology yang dikembangkan oleh Earl M. James, melalui tahapan-tahapan :
? Top - Down Clarification, memperjelas seluruh strategi dan kebutuhan perusahaan dalam bentuk kebutuhan sistem informasi, yang meliputi overview model dari perusahaan, analisa goal problem, analisa Critical Success Factor dan overview model dari fungsi-fungsi dalam perusahaan.
? Bottom - Up Evaluation, evaluasi dari manfaat dan penggunaan sistem informasi yang ada saat ini, yang meliputi analisa sistem yang ada, bagaimana fungsi dari sistem yang ada tersebut dan bagaimana rentang kekurangan yang terjadi antara sistem yang ada terhadap kebutuhan strategi perusahaan.
? Inside - Out Innovation, inovasi dari peluang-peluang strategi baru yang dapat diperoleh dari kemajuan teknologi informasi yang meliputi analisa dampak teknologi dan pandangan sistem strategi.
Dari hasil analisa dan pembahasan yang dilakukan dapat diidentifikasi beberapa permasalahan perusahaan BCDI yang dihadapi di dalam bidang sistem informasi meliputi peranan sistem informasi bagi manajemen dan operasional perusahaan, infrastruktur jaringan antar kantor-kantor tambang dan sumber daya manusia di dalam bidang sistem dan teknologi informasi.
Perencanaan strategi informasi yang menjadi topik dari karya akhir ini memberikan usulan kepada perusahaan BCOI yang meliputi aspek infrastruktur teknologi informasi, aspek sistem informasi dan aspek sumber daya iiiformasi.
Pada bagian akhir dari karya akhir ini, dikemukan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam nenerapan perencanaan strategi informasi, meliputi :
? Kegiatan perencanaan strategi informasi perlu dilakukan secara bertahap yaitu bahwa secara berkala perlu dilakukan penilaian terhadap hasil implementasi dan portfolia aplikasi sehingga secara dini dapat diketahui atau dilakukan kareksi-koreksi yang diperlukan terhadap perencanaan strategi informasi yang diimplementasikan.
? Perlu dilakukan pemantauan perkembangan sistem dan teknologi informasi beserta penerapannya di dalam industri-industri sejenis secara berkesinambungan untuk dapat mengarnbil manfaat maksimal guna perusahaan dapat berada di posisi yang kompetitif di dalam pasar usahanya.
? Perlu dipertimbangkan penggunaan jasa konsultan yang ahli dalam proyek pengembangan manajemen sistem informasi untuk dapat memberikan masukan yang berharga tetapi perlu untuk diperhatikan bahwa konsultan tidak menentukan pilihan, hanya sebagai pembantu yang mengajukan pilihan.
? Sosialisasi program-program sistem dan teknologi informasi yang didukung dengan analisa nilai ekonomis BCOI perlu dilakukan secara intensif untuk meningkatkan dukungan dan manajemen puncak.

One of the strategies to increase competitive power is through the development role of information system in company. Neverless, before the role of information system is only as a supporting process in gaining data which focus on cost operation efficiency, operation risk minimize, productivity increase, operation exactness and safety in various company function, now the role have changed as a strategic tools in company to increase its competitive power capability.
Particularly can be express that arranging and development of information strategic planning is efforts to increase the role of function and value of information system in every management activity unit and company operation, for fulfilling the needs at present and in the future and also to increase the value of the company itself.
BCOI as one of the coal mining company in Indonesia, in facing competition that occurs and to answer the challenge in the future, needs an integration information strategic planning. It is because in free era competition, it is not possible for coal mining company to operate without the support of reliable information system and technology.
The strategy problem that the company facing at present that is with the scatter location of the mining offices in East Kalimantan and South Kalimantan, restructuring scope of business is need to facilitate company in doing planning, controlling and supervising, managing and exploiting resources that are available also increasing production capacity to fulfill the need for coal in Asia-Pacific Area. The operational problem that the company facing in general is the obstacle for accessing data that occur in some company area, beside the need for tools to spread information in scope of business.
In composing this thesis, Information Engineering methodology is use, which consists of information strategic planning, business area analysis, construction system design and implementation. In accordance with the objective of this research, the analysis and study is limited only in information strategic planning phase. The analysis can be category into 2 (two) major part which 1s the need of information for the company business and about the information system that the company have at the present.
The formulating of information strategic planning is done by using the multiple methodology approach which is developed by Earl M. James through the phases of :
? Top - Down Clarification, clarify all company strategies and needs in information
system form which consists of company overview model, goal problem analysis,
Critical Success Factor analysis and company function overview model.
? Bottom - Up Evaluation, evaluate the benefit and the use of information system that the company have at present, which consists of analysis system that currently exist, what their functions are and what gaps exist in the light of company strategic needs
? Inside -- Out Innovation, innovation for the new strategic opportunities that can be gain from the advance information technology, which consist of impact technology analysis and strategy system view.
The analysis and study that is done, gave outcome that can identified some problem that BCOI company faced in the information system area, which are the role of information system for management and company operation, network infrastructure between BCOI mining offices and human resources in information system and technology area.
Strategic information planning which have become the topic of this thesis give suggestion to BCOI company that consists of the infrastructure information technology aspect, information system aspect and information resources aspect.
At the end of this thesis, some proposal is given that needs attention in applying information strategic planning, which are:
? Information strategic planning activities must be done in phases, from time to time the outcome of the implementation and application portfolio must be evaluate, so as early as possible will be known or will be done correction that need in implementing the information strategic planning.
? Continuous observation of the system and technology development need to be done, including the implementation in similar industries, to take the maximize benefit for the company to be in its business competitive position
? Consultant expert service need to be considered in developing management information system project to give valuable input, but need to be remind that consultant do not choose option only help to give option that could be taken_
Socialization of information system and technology programs that is supported by the analysis of BCOI economic value, need to be done intensive to increase the support from top management.

 File Digital: 1

Shelf
 T 18463-Analisis perencanaan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T18463
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xix, 125 lembar; il., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T18463 15-19-716239736 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 96354
Cover