UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Restrukturisasi bisnis PT. Industri Telekomunikasi: business restructuring of PT. INTI (Persero)

Dwi Ariany; Ihsanuddin Usman, supervisor (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis tidak lepas dari globalisasi kegiatan ekonomi yang mengharuskan setiap pengelola bisnis berwawasan global dan mampu berkompetisi secara global. Di samping itu perkembangan teknologi terjadi begitu cepat sehingga mengharuskan para pengelola bisnis mampu mengadakan penyesuaian-penyesuaian secara cepat tanpa ikatan birokrasi yang panjang agar dapat memanfaatkan peluang-peluang baru yang diciptakan oleh teknologi baru. Untuk menghadapi perubahan-perubahan ini maka diperlukan transformasi manajemen, restrukturisasi perusahaan, dan sebagainya.
Dalam rangka menghadapi perubahan tersebut PT. INTI (Persero) yang bergerak di bidang infokom berupaya melakukan kegiatan restrukturisasi perusahaan, yang meliputi restrukturisasi bisnis, organisasi, manajemen, maupun keuangan. Restrukturisasi bisnis sebagai salah satu bagian dari restrukturisasi perusahaan perlu dilakukan dengan pertimbangan karena lingkungan usaha telekomunikasi dan multi-media interaktif bersifat sangat dinamis atau berubah sangat cepat, sehingga menuntut perusahaan untuk dapat mengkombinasikan fleksibilitas dan daya saing yang tinggi.
Berdasarkan uraian di atas, maka masalah yang dihadapi adalah apakah keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari restrukturisasi bisnis yang dilakukan, upaya-upaya apakah yang dilakukan oleh PT. INTI (Persero) dalam rangka restrukturisasi bisnis, dan bisnis apakah yang perlu dilanjutkan dan bisnis apakah yang harus dihentikan agar perusahaan dapat meraih keuntungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari restrukturisasi bisnis yang dilakukan, upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka restrukturisasi bisnis, dan mengembangkan analisis tentang pengaruh restrukturisasi bisnis terhadap peningkatan kinerja perusahaan serta Iebih memfokuskan diri pada bisnis yang lebih menguntungkan. Untuk menjawab permasalahan, metode yang digunakan adalah dengan analisis SWOT, analisis portofolio, dan Analytic Hierarchy Process.
Dari hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa dengan melakukan restrukturisasi bisnis, PT. INTI (Persero) dapat lebih memfokuskan diri pada bisnis yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan dapat menghasilkan keuntungan, serta menentukan strategi yang tepat bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnis, sehingga rnampu meningkatkan kinerja dan memiliki daya saing. Restrukturisasi bisnis dilakukan dengan pemilihan bidang usaha, pemilihan dan arah pengembangan teknologi, serta berusaha membuat skenario kegiatan usaha. Bisnis yang dijalankan oleh PT. INTI (Persero) pada saat ini dapat dilanjutkan karena memiliki keunggulan yang cukup meskipun masih terdapat ancaman dan bahaya untuk jangka panjang, sehingga perlu dilakukan alih teknologi, pengembangan kompetensi karyawan, dan memperkuat consumer marketing. Apalagi pada tahun 2004 ini, paradigma bisnis PT. INTI (Persero) berubah dari manufaktur ke jasa. Untuk mendukung hal tersebut, strategi yang ditempuh perusahaan untuk mencapai sasaran usaha adalah mengintensifkan usaha untuk meningkatkan penjualan pada bidang telekomunikasi dan IT (information Technology), memposisikan diri sebagai bagian dari value chain perusahaan multi nasional berdasarkan kekuatan jasa engineering yang dimiliki, melakukan perubahan yang mendasar pada orientasi bisnis yang semula sebagai pabrikan peralatan menjadi penyedia jasa engineering, dan mempersiapkan SAM dengan kompetensi baru yang dibutuhkan guna mendukung pengembangan perusahaan secara keseluruhan.

Changes that happened in business world do not get out of economic activity globalization obliging each; every organizer of business with vision of global and competition can globally. despite fully of technology happened so quickly so that oblige organizers of business can perform an adjustment quickly without long bureaucracy tying so that can exploit new opportunity which created by new technology. To facing this change hence needed by management transformation, company restructuring, and etcetera.
For the agenda of facing the change of PT. INTI (Persero) which active in infocom cope activity of company restructuring, covering business restructuring, organizational, management, and finance. Business restructuring as one part of the company restructuring require to be conducted with consideration because environment effort and telecommunications of multi-media interactive have the character of very dynamic or change very, so that claim company to be able to combine high competitiveness and flexibility.
Pursuant to- above description, hence problem faced by what is obtained advantages of business restructuring, what efforts must be conducted by PT. INTI (Persero) for the agenda of business restructuring, and what effort is needed for business restructuring and which business must be discontinued company to can reach for advantage. Intention of this research is to know obtained advantages of business restructuring, efforts performed within business restructuring, and develop analysis concerning influence of business restructuring to improve company's performance and also more focusing at more profiting business. To answer those problems, used by method with analysis of SWOT, portfolio analyze, and Analytic Hierarchy Process.
From analysis result are known that from conducted business restructuring, PT. INTI ( Persero) earn more focusing at business matching with requirement of customer and can yield advantage, and also determine correct strategy for company to develop business, so that can improve and performance competitiveness. Business restructuring conducted with election of area of this effort, direction and election development of technology, and also try to make business activity scenario. Business run by PT. INTI { Persero} in this time can be continued by owning enough excellence though still there are danger and threat in the long term, so that require to be done to displace technology, development of employees interest, and strengthen marketing. More than anything else in 2004, business paradigm of PT. INTI ( Persero) change from manufacture to services. To support the mentioned, gone through company's strategy to reach effort target to intensify effort to improve sales at telecommunications area and of IT (Information Technology), positioning focusing as part of chain value of multinational company pursuant to strength of service of engineering had, making a change the base at business orientation which initially as equipments manufacturer become server of service of engineering, and draw up human resources with new competences which required to support development of company as a whole.

 File Digital: 1

Shelf
 T 14121a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T14121
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T14121 15-19-396178587 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 96500
Cover