ABSTRAK
Pada proyck-proyek pembanunan jalan., sepcrti kita ketahui bahwa tidak bisa
dilepaskan dari aspek alat berat. Alat berat utama yang digunakan untuk pekerjaan jalan,
dan khususnya pelcerjaan pengaspalan meliputi 1 Asphalt Mixing Plant (AMP), Wheel
Loader, Asphalt Finishcr, Tandem Roller, Pneumatic Tire Roller, Dump Truck. Dan jcnis
alat berat lainnya sebagai pelengkap, yang dibutuhkan sesuai dengan jenis pekeijaan yang
akan dikerjakan i _
Untuk proyek jalan skala besar dan multi years, penulis mengecualikannya karena
untuk proyek-proyek besar dan multi years tersebut pada umumnya pihak Pemberi Tugas
mengharuslcan setiap kontraktor pclaksana menyediakan alat sendiri untuk proyeknya
sendiri Berbeda dengan proyek-proyek yang akan dianalisis oleh Peuulis didalam tulisan
ini, yaitu proyek-nya banyak, terdiri dari 6 (enam) paket proyek yang akan di-analisis pada
tahun anggaran 1998! 1999, dan waktu penyelesaiannya relatifpendek yaitu kurang lebih 5
(lima) bulan saja. Untuk proyelr-proyek seperti disebutkan ini, Pembeli Tugas tidak
mengharuskan menyediakan alat berat khusus untuk proyek-nya masing-masing, tapi
dapat menggunakan alat berat milik kontraktor lain. Masalahnya disini, adalah, AMP yang
dipakai hanya 1 unit, proyeknya 6 paket dengan lokasi yang menyebar yang berarti
vaziabel jarak perlu mendapat analisis khusus dalam operasi alat berat, karena hal ini
mempakan faktor yang ikut menentukan terhadap e5si<-:mi dan biaya alat berat, volume
pekeljaan :nasing-masing paket berbeda, pernilik AMP juga mengerjakan proyeknya
sendiri, dengan kondisi seperti ini, apakah dengan kapasitas 1 unit AMP tersebut akan
mampu mengerjakan total volume pekerjaan semua paket itu dengzm waktu yang tersedia,
demikian juga alat berat lain yang hams menycrtainya, bagaimana mengatur dan
menempatkan alat berat tersebut pada proyek-proyek yang memerlukannya.
Untuk menangani proyek-proyek sepcrti ini, penulis mencoba mengadakan
pendekatan efrsiensi alat berat sebagai solusi-nya dilapangan dan analisis pengaruh jarak.
Hasil aualisis ini, dapat dnadikan sumbangan pernikiran bagi Pemilik Proyek untuk masa-
masa yang akan datang untuk lcondisi proyek yang serupa. Penulis melakukan penelitian
ini pada proyelc selctor jalan kota di linglcungan Dinas Pekeijaan Umum Kotamadya
Daerah Tingkat II Semarang.
Evaluasi efiesiensin., FX Koko Purwanto, FTUI, 2000