UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Studi mengenai dampak pengumuman laporan keuangan triwulan terhadap volume saham lq-45 (periode Februari 2000 sampai Desember 2005)

Michael Ivan Kusuma; Ancella Anitawati Hermawan, supervisor (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Untuk mendapatkan profit atau keuntungan dalam suatu sekuritas, investor dapat melakukan analisa teknikal dan fundamental. Analisa fundamental adalah analisa nilai intrinsik suatu perusahaan dan investor mengharapkan imbal hasil berupa deviden. Sedangkan analisa teknikal adalah analisa pergerakan saham di masa mendatang berdasarkan trend pada masa lalu. Salah satu analisa adalah pergerakan volume transaksi suatu saham pada pengumuman earning announcement mitten tersebut.
Yang dimaksud dengan earning announcement adalah informasi penting yang diberikan perusahaan kepada public berkaitan dengan kinerja perusahaan tersebut. lsi dari Earning announcement merupakan ringkasan dari laporan keuangan perusahaan atau financial statement. Informasi yang terkandung dalam earning announcement dapat mempengaruhi keputusan dari investor. Informasi tersebut dapat berguna sebagai pendoman dalam pengambilan keputusan. Kegunaan informasi tersebut antara lain mengukur kinerja perusahaan, memprediksi harga saham dan return di masa datang, dan mengukur kemampuan hidup jangka panjang perusahaan. Sedangkan dalam penelitian ini. earning announcement yang digunakan adalah laporan keuangan triwulan yang dikeluarkan oleh perusahaan.
Untuk melihat keputusan yang diambil oleh investor maka perlu diadakan event study untuk mengetahui dampak dari laporan triwulan tersebut. Dalam event study ini juga ingin melihat tingkat efisiensi pasar yaitu Bursa Efek Jakarta (BEJ). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah saham-saham yang berada secara konsisten dalam indeks LQ-45 dari Februari 2000 sampai Desember 2005. Sedangkan event yang dimaksud adalah pengumuman laporan keuangan triwulan, variabel operasi menggunakan volume saham mengingat return telah sering digunakkan dalam penelitian-penelitian sebelumnya.
Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa laporan keuangan triwulan tidak memberikan dampak yang besar terhadap investor karena lonjakan volume melebihi normal atau abnormal volume tidak terjadi selama 30 hari pengamatan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa BEJ tidak berada pada pasar setengah kuat dalam hal efesiensi.

Investor can use either technical or fundamental analysis to get a profit from stock trading. Fundamental analysis is a calculation to determine the value of the firm. In the other hand, technical analysis is an analysis that uses a historical data of the stock movement. An example of this analysis is the movement of transaction volume in the earning announcement period.
Earning announcement is a publicly information that reflect the performance of the limn. Content of this announcement is usually a summary of the financial statement. This information can change investor's decision and it also can be used for decision making. In this study, earning announcement is a quarter financial report of the firm that published by the Jakarta Stock Exchange (JSX).
An Event Study is used to determine the effect of the decision that was made by investors. This event study can also tell us about market efficiency of Jakarta Stock Exchange. Sample that used iii this study contains stocks in the LQ-45 from February 20(X) until December 2(105. The event in this study is quarter financial report.
The result in this study is quarter financial report do not have significant effect because there is no abnormal volume in 30 days after the announcement. So, the JSX is not a semi strong market.

 File Digital: 1

Shelf
 Studi mengenai-Full Text (T 18589).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T18589
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xv, 123 lembar; il., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T18589 15-19-294978813 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 96850
Cover