UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perencanaan jumlah titik pengisian minyak premium yang memadai dengan menggunakan program simulasi arena dan usulan rute distribusi mobil tangki ke spbu untuk mendapatkan ongkos distribusi terkecil pada pertamina unit pemasaran III depot pelumpang

Pramono; Sutanto Soehodho, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Distribusi bahan bakar minyak untuk SPBU merupakan suatu kegiatan jasa pelayanan pengangkutan, di mana Pertamina melakukan perjanjian kontrak kerja sama dengan pihak ke-3 (transportir). Sebagai penyedia jasa angkut, transportir menyediakan sejumlah truk tangki untuk membawa bahan bakar minyak dari suatu depo tertentu ke sejumlah SPBU yang menjadi tanggung jawabnya.
Dalam tesis ini penulis melakukan studi lapangan pada salah satu depo Pertamina, yaitu depo Plumpang. Tujuan dari tesis ini pertama adalah untuk mendapatkan jumlah titik pengisian yang optimal sampai dengan tahun 2007, sebagai pertimbangan kebijakan jangka panjang Pertamina. Kedua untuk mendapatkan ongkos distribusi terkecil yang harus dikeluarkan oleh Pertamina sebagai tujuan jangka pendeknya.
Untuk mendapatkan jumlah titik pengisian yang optimal, penulis menggunakan program simulasi ARENA sebagai alat untuk memecahkan permasalahan tersebut. Sedangkan untuk masalah penentuan ongkos distribusi terkecil penulis mencoba melakukan pendekatan pada model yang ada dengan menggunakan metoda Vehicle Routing Problem dengan waktu dan volume pengisian sebagai kendala. Pengamatan dilakukan hanya untuk produk premium meliputi empat rayon yang berada dalam wilayah depo Plumpang.

 File Digital: 1

Shelf
 T5944-Pramono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T5944
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 40 hlm. : ill. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T5944 15-20-801523674 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 96853
Cover