UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hot dog sebagai realisasi dari nilai budaya Amerika = Hot dog as a realization of American cultural values

Danianta Darmabrata; Doddy W. Sjahbuddin, supervisor (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam thesis yang berjudul : "Hot Dog sebagai Realisasi dari Nilai Budaya Amerika" ini bertujuan untuk membuat analisis dan kesimpulan tentang adanya representasi dari nilai-nilai budaya Amerika pada makanan Hot Dog.
Penelitian yang bersifat deskriptif-analitik dilakukan oleh penulis melalui pendekatan kualitatif dan cultural studies dengan menganalisa mengenai aktualisasi dan keberadaan dri makanan Hot Dog serta nilai-nilai budaya Amerika apa saja yang terdapat pada makanan Hot Dog tersebut; yang kesemuanya dilaksanakan dengan mengumpulkan dan mempelajari berbagai buku literatur dan artikel ilmiah yang membahas tentang hal-hal yang berkenaan dengan budaya dan nilai budaya Amerika, industrialisasi di Amerika, serta tentu saja Hot Dog.
Dari pengamatan yang dilakukan terhadap nilai-nilai budaya Amerika diperoleh kesan bahwa, nilai-nilai budaya Amerika tersebut timbul dalam sikap-sikap yang dimiliki oleh orang-orang Amerika seiring dengan tumbuh dan berkembangnya era industrialisasi di Amerika.
Dalam hal yang berkenaan dengan Hot Dog, nilai-nilai budaya Amerika yang dijadikan sebagai sumber penelaahan pada thesis ini adalah :
Time is Money, dan disertai pula dengan Work and Play. Penerapan dari nilainilai budaya tersebut dalam kehidupan sehari-hari orang Amerika antara lain tampak pada sikap-sikap mereka yang cenderung untuk suka bekerja keras dengan produktifitas tinggi, senantiasa menerapkan efektifitas dan efisiensi dengan penerapan jadwal kegiatan kerja yang ketat serta alokasi waktu yang tepat (Punctuality), disamping menyukai pula kegiatan rekreasional serta berbagai hal (sesuatu atau barang) yang bersifat praktis, relatif dapat cepat diraih (diperoleh), namun dengan harga yang cukup terjangkau (murah), meskipun menyukai pula barang-barang yang berharga cukup mahal untuk menunjukkan Prestise (sekumpulan orang pada strata sosial teratas dalam lingkungan kemasyarakatan di Amerika) mereka atas kelebihan jumlah materi yang telah mereka peroleh sebagai,hasil dari kerja keras mereka sebelumnya, dan lain-lain.
Sikap-sikap seperti di atas, secara langsung maupun tidak, telah turut pula mempengaruhi pada terbentuknya jenis makanan Hot Dog sebagai makanan yang dipilih oleh masyarakat Amerika, karena dianggap (dirasa) telah dapat memenuhi tuntutan mereka akan nilai-nilai budaya Amerika yang mereka anut.

This thesis of "Hot Dog as a realization of American Cultural Values" has a purpose in making analyzes and to finally make a conclusion that there is a representation of American Cultural Values within a Hot Dog, which kowingly well has become an American Food itself.
It is a Descriptive-Analytical research by using a Qualitative and Cultural Studies approach in analyzing about what kind of American cultural Values in existing and actualized the American food of Hot Dog.
By compiling, coIIecting, and comparing the substances in every single literatures and articles that refers and specifically explain to all the matters of American Cultural Values, American Industrialization's Progress from the Past until the Present, and surely ofcourse about the Hot Dogs.
In a way of learning about American Cultural Values, there's an appearing of a conclusion that American Cultural Values basically has just emerged within the behaviour and attitude of the American theirselves which relates accordingly to the development of American Industrialization.
For about a Hot Dog, few American Cultural Values which been used as a Social Scientific resources to analyzed this thesis are :
Time is Money, Material Well-Being, and include also Work and Play. All of the American Cultural Values above has appearingly showned in the behaviour or attitude of American themselves such as; effectively efficient, hard worker, high productivity, and applied always a persistence schedule of time (Punctuality), but still, able also to enjoy the fun and other recreational activity on the other side. Usually they prefer to choose a certain kind of condition to do also in keeping their priceless property owned (namely cash or money) by hoping, that kind of cash or money could be easily to get, but later on wouldn't be necessary to them to spend quite a lot of it. But there's also an opposite of that such as, they also love to have the fancy things, just to show up their prestige.
Their attitudes of all above are directly or indirectly has contribute and giving somekind of influence too in the emerging and creating process of Hot Dog as an Identically American Food, that caused by the needs in fulfilling the demand of American Cultural Values.

 File Digital: 1

Shelf
 Hot dog-Full Text (T 17588).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T17588
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 77 lembar; il., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17588 15-19-234844769 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 97046
Cover