Pengelolaan Kelompok Berbakat dimaksudkan untuk mempersiapkan kader pemangku pekerjaan atau jabatan tertentu di perusahaan, pada masa yang akan datang. Setiap perusahaan dapat menentukan sendiri cara menarik (attracting), mengidentifikasi (ident(ing), mempertahankan (keeping), dan mengelola (managing) karyawan berbakat, sesuai dengan kondisi perusahaan.
PT Telekomunikasi Indonesia, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sejak tahun 2002 memasuki persaingan global di sektor informasi dan telekomunikasi, menyadari perlunya mempersiapkan kader-kader pemimpin yang dapat menggiring perusahaan untuk memenangkan persaingan global dimaksud. Namun, hingga kini pengimplementasian Sistem Pengelolaan Kelompok Berbakat belum maksimal diselenggarakan, dan dengan sendirinya belum mampu melahirkan kader-kader pemimpin tangguh sebagaimana diharapkan.
Adapun esensi permasalahan yang berhasil diidentifikasikan adalah belum rincinya desain Sistem Pengelolaan Kelompok Berbakat sehingga menimbulkan kerancuan pada level implementasi. Dengan perkataan lain, terdapat perbedaan antara ketentuan dalam Keputusan Direksi dengan implementasi.
Berdasarkan temuan dan analisis, serta dengan berpedoman pada beberapa teori maka dalam Tugas Akhir ini dipaparkan rekomendasi penyempurnaan atas Sistem Pengelolaan Kelompok berbakat di TELKOM, yang diharapkan dapat menjadi jawaban atas permasalahan yang selama ini dihadapi.