UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Persepsi karyawan internal PT. Karimun Granite tentang pengaruh isu-isu manajerial dan elemen produk industri terhadap keputusan pengembangan produk internasional PT. Karimun Granite

Abdul Latief Baky; Martani Huseini, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

PT. Karimun Granite sebagai perusahaan penghasil produk batu granit, pemasok terbesar dari Indonesia ke Singapura, dari segi penjualannya terlihat menurun dari tahun ke tahun sejak pertengahan tahun 90 - an, khususnya untuk produk intinya disebabkan karena banyaknya bermunculan perusahaan-perusahaan sejenis yang masuk kedalam pasar yang sama, yaitu pasar di Singapura. Pangsa pasar di Singapura sudah mulai jenuh disebabkan pembangunan yang mulai mengalami stagnasi, hal ini mengakibatkan market share PT. Karimun Granite dan harga menjadi menurun dibandingkan dengan sepuluh tahun yang lalu. Oleh karena itu perusahaan mencoba membuat terobosan-terobosan baru dengan membuat inovasi-inovasi baru untuk pengembangan produk internasionalnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara (1) Pengaruh antara isu-isu manajerial terhadap keputusan pengembangan produk internasional pada PT. Karimun Granite; (2) Pengaruh antara elemen produk industri terhadap keputusan pengembangan produk internasional pada PT. Karimun Granite; (3) Pengaruh antara isu-isu manajerial dan elemen produk industri terhadap keputusan pengembangan produk internasional pada PT. Karimun Granite.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling berjumlah 60 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrumen isu-isu manajerial, elemen produk industri dan keputusan produk internasional yang dikembangkan dari teori yang digunakan. Instrumen dari tiga variabel berbentuk kuesioner dan hasil uji coba instrumen dilakukan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik korelasi sederhana, korelasi parsial dan korelasi berganda, serta teknik regresi yang terdiri dari regresi linier dan berganda.
Hasil penelitian menyimpulkan: (1) terdapat hubungan positif antara isuisu manajerial (x1) dengan keputusan produk intemasional (Y) dengan koefisien korelasi (ry1) = 0,553 dan koefisien determinasi ry12 = 0,306 dan persamaan regresi Y = 20.574 + 0.599X1; (2) terdapat hubungan positif antara elemen produk industri (x2) dengan keputusan produk intemasional dengan koefisien korelasi (ry2) = 0,726 dan koefisien determinasi ry2² = O,526 dan persamaan regresi Y = 13.556 + 0.676X2; (3) terdapat hubungan positif antara isu-isu manajerial (x1} dan elemen produk industri (x2) dengan keputusan produk internasional (Y) dengan koefisien korelasi (R) = 0,730 dan persamaan regresi berganda Y = 12.112 + 0.116X, + 0.608X2.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa antara isu-isu manajerial dan elemen produk industri baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama memberikan sumbangan yang berarti terhadap keputusan produk internasional. Strategi perusahaan yang perlu dilakukan adalah product development dan market development dengan product customized mengingat tingkat persaingan tinggi sementara jumlah peningkatan pasar Iebih kecil. Aktifitas mengembangkan produk batu granit perlu modifikasi prototype produk yang mungkin harus dibuat untuk suatu pasar tertentu. Elemen Produk lndustri merupakan pilihan paling tepat dan rasional dalam rangka keputusan produk internasional, khususnya mengenai bentuk, desain dan pelayanan kepada konsumen. Perusahaan bisa keluar dari kesulitan penurunan penjualan dan meneruskan operasional kalau manajemen menyiapkan keputusan produk dengan melihat perubahan pesaing dan konsumen. Dalam mengembangkan produk, sebaiknya perusahaan perlu melakukan penelitian pendahuluan mengenai kebiasaan, daya beli, keinginan, selera dan tingkah laku konsumen lainnya.

 File Digital: 1

Shelf
 T 14235a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T14235
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T14235 15-20-305954320 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 98348
Cover