UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Permasalahan identitas dan kritik sosial James Baldwin terhadap Amerika = James Baldwin's problems of identity and social critique towards America

Tisna Prabasmoro; Muhamad Fuad, supervisor (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Tujuan tesis ini adalah menunjukkan permasalahan identitas dan kritik sosial yang dilakukan Baldwin, yang nampak pada beberapa esai, interview dan salah satu novelnya. Dari perspektif Kajian Budaya yang mendiskusikan pentingnya wacana identitas kelompok marginal, saya menemukan bahwa kritik-kritik Baldwin tersebut mempromosikan kesadaran orang Afrika Amerika akan hak-hak sipilnya sekaligus mendorong mapannya agenda identitas. Kritik yang merupakan suatu ajakan, usulan, atau anjuran kepada orang lain untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu telah dilakukan bertahun-tahun lamanya. Dalam sejarah orang Afrika Amerika kritik diikuti perjuangan-perjuangan sosial untuk mendapatkan hak-hak mereka dan menunjukkan keberatan - keberatan mereka terhadap bentuk-bentuk alienasi yang termanifestasi dalam prasangka, rasisme dan diskriminasi. Praktek-praktek tersebut diformulasikan dan secara tidak manusiawi dikukuhkan oleh kekuatan hukum kelompok ras kulit putih. Bagi Baldwin kritik-kritiknya tidak hanya perihal dirinya atau kelompok-kelompok ia berasal, namun juga termasuk didalamnya kelompok-kelompok yang menerima pengalaman-pengalaman alienasi yang lain yang juga menderita karena ketidakadaannya pengakuan.
Adalah permasalahan identitas yang Baldwin harus alami dan coba untuk utarakan melalui tulisan-tulisannya. Adalah juga permasalahan rasisme, diskrimnasi dan prasangka yang tidak menguntungkan yang telah menjadi praktek-praktek umum dalam komunitas yang terpinggirkan yang sebenarnya turut memberi andil dalam kehidupan Amerika saat ini. Pada tesis ini saya meneliti kritik-kritik sosial yang menunjukkan alasan-alasan Baldwin akan keberatan dan penolakannya terhadap bentuk-bentuk alienasi tersebut. Tesis ini menganalisis keterlibatan beberapa teori, persepsi kebudayaan dan pengalaman-pengalam historis yang mempengaruhi pengertian bagaimana seorang Afrika Amerika seperti James Baldwin didefinisikan secara rasial. Secara khusus tesis ini meneliti cara-cara Baldwin mendefinisikan dirinya dalam tatanan sejarah yang mengopresinya. Orang-orang Afrika Amerika telah mengalami the Middle Passage, perbudakan dan perang-perang orang kulit putih. Mereka juga pernah mengalami berada pada suatu kondisi yang tidak hanya meniadakan ras dan teori-teorinya, tetapi juga yang mempromosikan stereotip-sterotip orang hitam atau menyembunyikan identitas mereka.

The purpose of the thesis is to show James Baldwin 's problems of identity and social critiques that come up in a number of his essays and interviews as well as one of his novel. From a cultural studies perspective that discusses the notion of identity in marginal discourses, I find that Baldwin's critiques promote civil rights awareness among African Americans and push forward the agenda for identity establishment. Critique as a means of inviting, proposing or recommending other people to attain certain objectives has been exercised in an inordinate length of time. In the history of African Americans, critique is ensued by forces of social struggles to claim the rights as to raise formidable objections to the forms of alienation manifested in and by, among others, prejudice, racialism and discrimination. Such practices are formulated and inhumanely bolstered by the dominating while race and their law. For Baldwin, his critiques are not only about himself or the crowds he belongs to. His critiques embrace the different experiences of alienation shared by the different marginalized groups of people undergoing absence of self-recognition.
It is the problem of identify that Baldwin has to endure and try to speak out about through his writings. It is the problem of racialism and discrimination, as well as unfavorable prejudices, which have become common practices in marginalized communities, that in fact have given shapes and colors to what America today. In this thesis, I examine the social critiques in some of James Baldwin's works that display grounds of his objection to and rejection of the alienation. It analyzes the implications of selected theoretical formulations, cultural perspectives, and historical experiences that influence notions on how an African American like James Baldwin is racially defined Specifically, my work investigates the way James Baldwin engages the task of self-definition in the face of an oppressive history. African Americans have experienced the Middle Passage, slavery, and white wars. They have also endured environment denying the existence of their race as well as racialized theories that have either promoted Black stereotypes or obscured African American identity.

 File Digital: 1

Shelf
 T 15063-Permasalahan identitas.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T15063
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T15063 15-19-556281769 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 98483
Cover