UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Identifikasi indikator potensial perselisihan konstruksi

Syamsul Adnan Alwie; Bambang Trigunarsyah, supervisor; Pamulu, Muhammad. Sapri, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Perselisihan konstruksi (construction dispute) adalah sengketa atau perselisihan yang terjadi sehubungan dengan pelaksanaan suatu usaha jasa konstruksi antara pihak yang tersebut dalam kontrak konstruksi. Perselisihan dapat raja terjadi dalam pelaksanaan suatu proyek dan berdampak negatif terhadap sasaran proyek. Perlu dilakukan identifikasi karakteristik proyek sebelum proyek dimulai, agar tim proyek dapat mengetahui lebih dini untuk rnembuat perubahan-perubahan supaya perselisihan dapat dicegah atau diminimalkan. Penelitian ini mengidentifikasi variabel-variabel proyek yang berpotensi menimbulkan perselisihan konstruksi.
Tulisan ini menjelaskan kriteria-kriteria proyek yang dievaluasi, teknik analisa data dan kesimpulan dari analisis yang dilakukan. Tiga kriteria proyek yang dipertimbangkan dalam tulisan ini, yaitu kriteria manusia, proses dan proyek.
Hasil penelitian didasarkan analisa statistik dari data frekuensi dan keparahan (severtity) perselisihan konstruksi pada 20 sampel proyek konstruksi dengan metode survei kuesioner. Suatu model logistic regression yang dibuat dan kumpulan data merupakan suatu indikator potensial perselisihan konstruksi, dapat digunakan untuk memprediksi kecenderungan proyek untuk mengalami perselisihan konstruksi. Faktor-faktor manusia, proses dan proyek berperan dalam memprediksi kemungkinan terjadinya perselisihan konstruksi. Kesimpulan mendasar dari penelitian ini mengungkapakan bahwa faktor manusia berperan dalam menimbulkan atau menghindari terjadinya perselisihan konstruksi.

 File Digital: 1

Shelf
 T 14991a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Kata Kunci

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T14991
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 52 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T14991 15-20-148799340 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 98611
Cover