UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Laporan intervensi sosial, program budidaya bambu Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk-Bogor

Hirayanti; Mochamad Enoch Markum, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Desa Cibalung adalah suatu desa di Kabupaten Bogor yang terletak di kaki gunung Salak di kecamatan Cijeruk. Desa ini sangat unik. letaknya cukup strategis, namun sulit berkembang. Untuk mencapai desa ini dapat melalui dua arah yaitu :
1. Dari arah kota Bogor melalui jalan raya Sukabumi, namun jalan ini sangat macet karena kepadatan lalu lintas di persimpangan Ciawi yang sekaligus dijadikan pasar. Titik rawan kemacetan selanjutnya terjadi di pasar Cikereteg dan Cimande. Selain itu, dengan banyaknya pabrik di sepanjang jalan raya dari Ciawi ke arah Sukabumi turut menycbabkan kemacetan di sepanjang jalan tersebut. Dengan kondisi tersebut, untuk mencapai desa Cibalung dibutuhkan waktu lebih dari 2 jam, padahal jarak untuk mencapai desa tersebut hanva sekitar 30 km dari tol ke Ciawi (Pam Bensin Sentul).
2. Dari arah kota Bogor melalui jalan raya Cipaku melewati desa Pamoyanan ke arah Cihideung. Walaupun jalannya sempit dan berkelok-kelok, namun cukup lancar meskipun jarak tempuhnya Iebih jauh ± 10 km dibandingkan dengan jalan melalui jalan raya Sukabumi seperti di atas. Dengan demikian, waktu tempuh yang diperlukan lebih cepat, yaitu sekitar 1 jam dari tol Pom Bensin Sentul arah Bogor.
Udara di desa Cibalung cukup segar dan dingin di malam hari karena masih banyak pepohonan besar. Batas satu desa ke desa lainnya cukup jauh dan harus melalui jalan yang masih berbatu. Jalan masuk ke desa Cibalung masih berbatu dan sempit. Sebenarnya pembangunan jalan aspal mulai dari pintu masuk jalan raya Cihideung sampai ke arah Caringin baru selesai dibangun sebelum pemilu tanggal 20 September 2004. Pembangunan jalan ini dibiayai oleh pemerintah kecamatan Cijeruk namun belum sampai masuk ke dalam desa Cibalung. Untuk pembangunan jalan aspal di desa Cibalung harus diupayakan dari usaha swadaya masyarakat desa, karena jalan itu bukan jalan utama lalu lintas kecamatan (masih merupaka jalan desa).

 File Digital: 1

Shelf
 T 18778-Laporan intervensi-TOC.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T18778
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vi, 77 hlm. : ill. ; 29 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T18778 15-20-944067144 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 98881
Cover