UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Refleksi Hasrat Husky dalam Lagu: Kajian Psikoanalisis Lacan = Husky's Desires Reflection in Songs: Lacan's Psychoanalytic Study

Salma Sade Wibowo; Limbong, Banggas, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini mengkaji lirik lagu dari rapper asal Rusia, Dmitry Nikolayevich Kuznetsov atau yang dikenal sebagai Husky, yang beberapa kali mendapat pembatalan konser dan larangan penayangan video musik di Rusia karena dianggap menyebarkan keburukan. Kajian psikologi sastra terhadap lagu di era modern Rusia masih jarang diperhatikan. Tulisan ini akan mengkaji bagaimana hasrat negatif Husky tercermin dalam lirik lagu tulisannya berdasarkan tiga lagu yang Ia tulis, Иуда /Iuda/ ‘Yudas’, Черным-черно /Chernym-Cherno/ ‘Hitam-Hitam’, dan Поэма о Родине /Poema o Rodine/ ‘Puisi tentang Tanah Air’. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mencari tahu apakah lirik lagu yang ditulis Husky mencerminkan hasrat negatif dari penulisnya. Penelitian ini dibantu oleh teori psikoanalisis Jacques Lacan. Metode yang digunakan merupakan deskriptif-analisis, dengan pendekatan psikologi sastra. Hasil penelitian sementara adalah penanda-penanda dalam lagu menunjukkan hasrat negatif dari Husky. Husky terlihat tidak takut dalam mengekspresikan dirinya dalam lagu yang ditulisnya.

This research examines the lyrics of a song by Russian rapper Dmitry Nikolayevich Kuznetsov or known as Husky, who has had several concerts cancelled and music videos banned in Russia for spreading ugliness. Literary psychology studies of songs in modern Russia are still rarely noticed. This paper will examine how Husky's negative desires are reflected in his lyrics based on three songs he wrote, Иуда /Iuda/ ‘Yudas’, Черным-черно /Chernym-Cherno/ ‘Black-Black’, and Поэма о Родине /Poema o Rodine/ ‘Poem about the Fatherland’. The purpose of this paper is to find out whether Husky's song lyrics reflect the negative desires of the author. This research is aided by Jacques Lacan's theory of psychoanalysis. The method used is descriptive-analysis, with a literary psychology approach. The temporary research result is that the signifiers in the song show the negative desire of Husky. Husky seems fearless in expressing himself in the song he wrote.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Salma Sade Wibowo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 19 pages : appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-13730192 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920518056
Cover