UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh Karisma Direktur Utama terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan di Indonesia Periode 2018 - 2021 = The Impact of Charismatic CEOs on Financial Performance in Indonesian Firms, Period 2018 - 2021

Anindya Apta A; Dony Abdul Chalid, supervisor; Dewi Hanggraeni, examiner; Buddi Wibowo, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022)

 Abstrak

Karisma adalah sebuah ciri-ciri dalam diri seseorang yang membuat orang lain menganggap orang tersebut sebagai pemimpin. Beberapa penelitian serupa sebelumnya menemukan hubungan positif antara karisma direktur utama dengan kinerja keuangan, terutama pada kondisi ketidakpastian. Pada kondisi biasa tidak selalu ditemukan hubungan yang signifikan. Studi ini meneliti hubungan antara karisma seorang direktur utama dengan kinerja keuangan menggunakan variabel moderasi kondisi ketidakpastian yaitu risiko perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis teks dengan mengumpulkan artikel-artikel yang membahas masing-masing direktur utama untuk dicari kata-kata yang menunjukkan ciri karismatik. Analisis regresi data panel dilakukan dengan periode 2018 – 2021 menggunakan variabel kontrol usia direktur utama, ukuran perusahaan, dan rata-rata kinerja industri. Objek penelitian perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam indeks IDX80. Penelitian ini hanya menemukan hubungan signifikan dan positif antara karisma direktur utama dengan kinerja keuangan ketika risiko spesifik perusahaan digunakan. Selain itu, tidak ditemukan hubungan moderasi antara risiko perusahaan dengan karisma direktur utama.

Charisma is a characteristic in a person that makes others feel a want to follow them. There have been prior studies examining the impact of CEO’s characteristics on firm performance, specifically financial performance. Characteristics that have been studied consist of age, gender, neuroticism, and charisma. Some prior studies on CEO charisma and financial performance found that there is a positive relationship between CEO charisma and their firm’s performance, especially during conditions of uncertainty. This study seeks to find the impact of CEO’s charisma on Indonesian firms’ financial performance, using firm risk as the uncertainty condition. CEO’s charisma was calculated by doing text analysis on articles discussing these CEOs. Texts were analyzed using tf- idf method and then panel regression was done using data from 2018 - 2021 with other control variables such as CEO age, CEO tenure, the firm’s size, and the industry mean financial performance. The samples of this study were firms in the IDX80 index based on the Indonesia Stock Exchange classification. This study found significant relationship between CEO charisma and financial performance only when firm-specific risk was controlled in the regression model and Tobin’s Q was used as a dependent variable. Other than that, this study found no moderating effect between charisma and financial performance.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Anindya Apta Apsari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 44 pages ; illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-24548728 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920518139
Cover