UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Proses Pewarisan, Fungsi, dan Perkembangan Tradisi Bernyanyi di Atas Pohon Lontar oleh Masyarakat Pulau Sabu dalam Tradisi Lisan di Nusa Tenggara Timur = Inheritance Process, Function, and Development of Singing on the Top of Lontar Tree Culture by Peoples of Sabu in Oral Lore at East Nusa Tenggara

Dean Ario Seto; Syahrial, supervisor; Daniel Hariman Jacob, examiner; Mohammad Umar Muslim, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Penelitian ini membahas tentang tradisi masyarakat Pulau Sabu bernyanyi di atas pohon lontar, atau yang disebut masyarakat setempat kepue due. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan tradisi lisan bernyanyi di atas pohon lontar masyarakat Pulau Sabu serta fungsinya, (2) membahas perkembangan yang terjadi dalam kegiatan bernyanyi di atas pohon lontar, (3) menjelaskan proses pewarisan tradisi bernyanyi di atas pohon lontar dalam masyarakat Pulau Sabu. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pengamatan langsung ke beberapa narasumber yang tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Sabu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, dapat diambil simpulan bahwa tradisi bernyanyi di atas pohon lontar yang dilakukan masyarakat Pulau Sabu merupakan tradisi lisan yang unik karena hanya terjadi di tempat tersebut, serta merupakan tradisi yang erat dengan nilai spiritualitas masyarakat setempat, sesuai dengan bahasan dalam penelitian ini. Proses pewarisannya pun terjadi secara organik di setiap generasi, karena konsistensi tradisi menyadap pohon lontar.

This research discusses about tradition that happened only in Sabu Island, singing on the top of lontar trees. This research aims to (1) describe about oral lore in Sabu Island, singing on the top of lontar trees, (2) explain about the development of the tradition in this modern era, (3) explain about the inheritance process of singing culture in Sabu Island society, from generation to generation. Researcher used qualitative method to compose this research, by doing direct observation at six districts in Sabu Island, East Nusa Tenggara. Based on the research that has been conduct, researcher met the conclusion that the habit of people in Sabu Island, singing on the top of lontar trees, have a strong unique value because it’s only happened in that place, and religious value in society. The inheritance process happened organically in each generation because of their consistency in tapping the lontar trees.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Dean Ario Seto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 18 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-23-42641236 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920518608
Cover