Latar Belakang: Kepercayaan diri merupakan aspek yang penting dan harus dimiliki oleh mahasiswa profesi dalam melakukan suatu prosedur, terutama dalam bidang kedokteran gigi anak yang mencakup banyak prosedur khusus dan dibutuhkan banyak pengalaman. Adanya perubahan metode pembelajaran menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada masa pandemi COVID-19 di akademik dapat berdampak pada tingkat kepercayaan diri mahasiswa profesi dalam pembelajaran klinis di unit kedokteran gigi anak. Tujuan: Mengetahui persepsi kepercayaan diri mahasiswa profesi tahun pertama dalam pembelajaran klinis di unit kedokteran gigi anak pada masa pandemi
COVID-19. Metode: Penelitian ini menggunakan studi analisis cross sectional dan dilakukan kepada 63 orang mahasiswa profesi kedokteran gigi tahun pertama yang telah melewati stase Ilmu Kedokteran Gigi Anak (IKGA) dengan menggunakan kuesioner melalui Google Form yang terbagi menjadi tiga domain pertanyaan, yaitu keterampilan klinis, manajemen pasien, dan
pengembangan profesional dan pengelolaan klinis. Pengukuran kepercayaan diri menggunakan Visual Analogue Scale (VAS) diwakili dari poin '0' tidak percaya diri sama sekali dan '10' penuh percaya diri. Hasil Penelitian: Dari total 63 responden, keseluruhan analisis kepercayaan diri yang
dinilai positif dengan median VAS ≥ 5. Rata-rata median VAS pada keterampilan klinis 7.83±0.83 (range=2–10; n=63; 100%) manajemen pasien 7.83±0.83 (range=2–10; n=63; 100%), dan pengembangan profesional serta pengelolaan klinis 8,37±0.51 (range=2–10; n=63; 100%). Kesimpulan: Secara keseluruhan, mahasiswa profesi tahun pertama kedokteran gigi Universitas
Indonesia memiliki kepercayaan diri dalam pembelajaran klinis di unit kedokteran gigi anak pada masa pandemi COVID-19.
Background: Self-confidence is an important aspect and must be owned by professional studentsin carrying out a procedure, especially in the field of pediatric dentistry which includes manyspecial procedures and requires a lot of experience. The change in learning methods to DistanceLearning during the COVID-19 pandemic in academics can have an impact on the level ofprofessional student confidence in clinical learning in the pediatric dentistry unit. Objective: Tofind out the perception of self-confidence of first-year professional students in clinical learning inthe pediatric dentistry unit during the COVID-19 pandemic. Methods: This study used a crosssectionalanalysis study and was conducted on 63 first-year dental professional students who hadpassed the Pediatric Dentistry stage by using a questionnaire via Google Form which was dividedinto three domain questions, namely clinical skills, patient management , and professionaldevelopment and clinical governance. Self-confidence is measured by Visual Analog Scale (VAS)which is represented from the point '0' is not confident at all and '10' is full of confidence. Results:From a total of 63 respondents, the overall confidence analysis was assessed as positive withmedian VAS ≥ 5. Median VAS mean in clinical skills 7.83 ± 0.83 (range = 2–10; n = 63; 100%)patient management 7.83 ± 0.83 (range=2–10; n=63; 100%), and professional development andclinical management 8.37±0.51 (range=2–10; n=63; 100%). Conclusions: Overall, first yearprofessional students of dentistry at the University of Indonesia have confidence in clinicallearning in the pediatric dentistry unit during the COVID-19 pandemic.