UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Who Marries Whom Matters: Kesamaan Pendidikan Orangtua dan Berat Badan Saat Lahir di Indonesia = Who Marries Whom Matters: Parental Educational Similarity and Weight at Birth in Indonesia

Mudya Johanna; Samosir, Omas Bulan, supervisor; Diahhadi Setyonaluri, examiner; Triasih Djutaharta, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Berat badan saat lahir merupakan salah satu prioritas kesehatan masyarakat, dan meskipun telah adanya upaya yang berkelanjutan untuk memperkuat komitmen nasional, kemajuan dalam mengurangi berat badan lahir rendah secara global mengalami stagnasi. Pendidikan ibu sebagai penentu utama kesehatan anak, terutama bayi baru lahir, terus melemah sehingga membuka peluang asosiasi dengan tren demografi lainnya. Menggunakan metode regresi logistik biner multilevel, penelitian ini mengkuantifikasi pendidikan orangtua berdasarkan teori assortative mating pada level individu dan faktor kontekstual pada level komunitas yang tidak diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesamaan pendidikan orangtua khususnya di perguruan tinggi (homogami perguruan tinggi) menurunkan kecenderungan melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah sedangkan homogami pendidikan rendah meningkatkan kecenderngan melahirkan bayi dengan berat lahir rendah. Selain itu, ketidaksamaan pendidikan orangtua, terutama pada ibu yang berpendidikan tinggi (hipogami), meningkatkan kecenderungan lahirnya bayi dengan berat badan lahir rendah. Pemberian bantuan langsung tunai kepada ibu hamil, peningkatan kualitas pendidikan, perluasan cakupan manfaat kunjungan prenatal yang bersifat preventif, dan penekanan peran suami/pasangan dalam periode prenatal penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan bayi saat lahir.

Weight at birth has been recognized as a public health priority. Despite of ongoing efforts to strengthen national commitments, progress in reducing low birth weight has been globally stagnant. Maternal education as the main determinant of child health, especially newborns, continues to weaken, thus opening up opportunities for association with other demographic trends. Using the multilevel binary logistic regression method, this study quantified parental education based on the theory of assortative mating at the individual level and contextual factors at the community level. The results showed that the similarity of parental education, especially in higher education (homogamy of higher education), decreased the probability to give birth to babies with low birth weight, while homogamy of lower education increased the probability to give birth to babies with low birth weight. In addition, the inequality of parental education, especially when mother has higher education (hypogamy), increases the probability to birth babies with low birth weight. Through interventions that utilising cash transfer directly to pregnant women, improving the quality of education, utilizing the scope of benefits from preventive prenatal visits, and emphasizing the role of husband/ partner in the prenatal period is important to increase the infant health at birth.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Mudya Johanna.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 108 pages ; illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-23-26513226 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920519084
Cover