Studi ini bertujan untuk mengetahui teori apa saja yang digunakan dalam penelitian-penelitian mengenai pengaruh CSR dan pengaruh pengungkapan CSR terhadap kinerja keuangan. Dengan mengumpulkan 20 jurnal yang membahas mengenai topik tersebut. metode pencarian penelitian dilakukan dengan memasukkan kata kunci berupa CSR, CSR disclosure, dan Sustainability Report di Scopus. Penelitian yang digunakan memiliki peringkat Q1, Q2, Q3 atau Q4, sesuai peringkat di Scimago journal atau Scopus. Kemudian penelitian dikelompokkan menjadi dua yaitu pertama untuk aktivitas CSR terhadap kinerja keuangan, kedua untuk pengungkapan CSR terhadap kinerja keuangan. Dalam kedua penelitian terdapat secara total 12 teori yang digunakan. Penelitian mengenai aktivitas CSR menunjukkan bahwa teori yang paling banyak digunakan adalah teori stakeholder yaitu sebanyak 35%. Sama halnya dengan penelitian mengenai aktivitas CSR, penelitian mengenai pengungkapan CSR juga paling banyak menggunakan teori stakeholder. Selain teori stakeholder terdapat beberapa teori lain yang digunakan dalam penelitian-penelitian CSR diantaranya; legitimacy theory, Agency theory, institutional theory, dan signaling theory.
This study aims to find out what theories are used in studies regarding the influence of CSR and the effect of CSR disclosure on financial performance. By collecting 20 journals that discuss the topic. research search methods are carried out by entering keywords in the form of CSR, CSR disclosure, and Sustainability Report in Scopus. The research used has a rating of Q1, Q2, Q3 or Q4, according to the ranking in the Scimago journal or Scopus. Then the research is grouped into two, namely the first for CSR activities on financial performance, the second for CSR disclosure on financial performance. In both studies there are a total of 12 theories used. Research on CSR activities shows that the most widely used theory is stakeholder theory, which is as much as 35%. Similar to research on CSR activities, research on CSR disclosure also mostly uses stakeholder theory. Apart from the stakeholder theory, there are several other theories used in CSR studies, including; legitimacy theory, Agency theory, institutional theory, and signaling theory.