Mengingat bahwa kebutuhan Baja Nasional tercatat lebih besar daripada suplai yang dapat dilakukan oleh industri dalam Negeri serta banyaknya serangan import, maka diperlukan peningkatan inovasi pada perusahaan Baja Nasional. Studi ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas relasi dan fleksibilitas bermitra dengan pemasok dapat berpengaruh terhadap performa inovasi yakni kualitas dan kecepatan inovasi melalui adanya berbagi pengetahuan. Melalui kuisioner yang didapat dari Asosiasi Perusahaan Baja Nasional IISIA diperoleh 107 responden perusahaan dan diolah menggunakan
structural equation modelling (SEM) untuk menguji kecocokan model secara keseluruhan dan menguji hubungan kausalitas antar variabel. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas relasi berpengaruh signifikan terhadap kualitas inovasi hanya dengan melalui berbagi pengetahuan. Disisi lain kualitas relasi dapat meningkatkan kecepatan inovasi secara langsung tanpa adanya berbagi pengetahuan. Hasil berikutnya adalah Fleksibilitas bermitra dapat meningkatkan kecepatan inovasi secara signifikan dan juga terhadap kualitas inovasi tanpa adanya berbagi pengetahuan. Beberapa implikasi manajerial dan saran untuk penelitian selanjutnya disajikan juga dalam studi ini.
Given that most of the operational costs of steel companies are in the main raw materials, steel companies need to pay attention to how they relate to suppliers to improve innovation performance. Thus, this study aims to determine whether the relationship quality and flexibility of partnering with suppliers can affect innovation performance, namely the quality and innovation speed through knowledge sharing. Data was collected through a questionnaire obtained from the national steel company association IISIA and obtained 107 company respondents. The data were processed and analyzed using structural equation modeling (SEM) to test the overall fit of the model and test the causality relationship between variables. The results of this study indicate that the relationship quality has a significant effect on the innovation quality only through knowledge sharing. On the other hand, the quality of the relationship can increase the innovation speed directly without knowledge sharing. The next result is that flexibility of partnering can increase the innovation speed significantly and also the innovation quality without knowledge sharing. Several managerial implications and suggestions for further research are also presented in this study.