Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Program electronic traffic law enforcement (etle) dalam rangka menciptakan kamseltibcarlantas (studi kasus polda serang)

Pardede, Charles Rio Valentine, Surya Nita, Chairul Muriman Setyabudi (Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepolisian Negara Republik Indonesia, 2022)

 Abstrak

Penelitian ini membahas tentang Program Electronic Traffic Law Enforcement dan menganalisis mekanisme serta sanksi hukum program Electronic Traffic Law Enforcement dalam rangka menciptakan Kamseltibcarlantas di wilayah Kota Serang. Sebagai ibu kota Provinsi Banten, Kota Serang memiliki mobilitas yang cukup tinggi, Direktorat LaluLintas memiliki tantangan untuk menciptakan lalu lintas yang Aman, selamat, tertib dan lancar kepada seluruh masyarakat Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif deskriptif. Keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) merupakan tujuan yang diinginkan setiap pengguna jalan. Perilaku pengguna jalan sangat berpengaruh terhadap terwujud atau tidaknya Kamseltibcarlantas. Penelitian ini menemukan bahwa kehadiran Electronic Traffic Law Enforcementdi Kota Serang ini sebetulnya mampu untuk memberikan pengaruh kepada masyarakat untuk semakin meningkatkan kesadaran hukum akan tertib lalu lintas. Akan tetapi, dalam praktik di lapangan masih belum dilaksanakan secara maksimal dikarenakan beberapa faktor kendala, yaitu Sumber Daya Manusia, anggaran, sarana/ prasarana, dan budaya masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan adanya perbaikan dan evaluasi terkait dengan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement agar lebih maksimal dalam penerapannya.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 320 LIT 25:1 (2022)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepolisian Negara Republik Indonesia, 2022
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 14113813
Majalah/Jurnal : Jurnal Litbang Polri
Volume : Vol. 25, No. 1, April 2022: Hal. 61-69
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
320 LIT 25:1 (2022) 08-23-16167966 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920519826
Cover