UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Distribusi Spasial dan Hubungan Kelembapan Tanah dengan Tanah longsor di Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Provinsi Banten = Spatial Distributions and Correlations of Soil Humidity and Landslides in Mancak Subdistrict, Serang Regency, Banten Province

Muhammad Raihan Indrastoto; Astrid Damayanti, supervisor; Tito Latif Indra, examiner; Andry Rustanto, examiner; Muhammad Dimyati, supervisor (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Kecamatan Mancak adalah kecamatan yang paling sering terjadi tanah longsor di Kabupaten Serang. Dengan tanah longsor bisa diprediksi melalui kelembapan tanah dan biasanya tanah longsor sering terjadi di tanah yang lembap, maka ada kemungkinan bahwa hal tersebut benar. Penelitian ini menggali persebaran spasial kelembapan tanah dengan tanah longsor di Kecamatan Mancak serta menguji keterkaitan antara kelembapan tanah dengan tanah longsor. Untuk mengeksplorasi persebaran spasial kelembapan tanah dan tanah longsor tersebut, sistem informasi geografis dapat digunakan untuk meng-overlay peta kelembapan tanah dengan peta tanah longsor dan menggunakan metode korelasi Pearson untuk mengeksplorasi korelasi antara kelembapan tanah dengan tanah longsor. Hasil dari overlay dan uji statistika adalah adanya hubungan berbanding terbalik antara kelembapan tanah dengan tanah longsor.

Mancak Subdistrict has the most landslides among all other subdistricts in Serang Regency. As landslides are predicted via knowing the soil moisture and landslides likely to occur at moist soils, there are chances that that is actually correct. This research studies spatial distributions of soil moisture and spatial distribution of landslides in the subdistrict and also studies the linkage between soil moisture and landslides. The research uses geographical information system to overlay the maps of soil moisture and landslides and find correlations between both using Pearson’s correlation. The result is the reverse as landslides tends to occur at lower soil moisture.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Muhammad Raihan Indrastoto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 59 pages ; illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-50324068 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920520033
Cover