Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Penerapan teknologi atap bambu pada bangunan struktur panel

Novietta Angelia Lumban Tobing, Rusli, Heri Lumban Tobing (Pusat Penelitian dan Pengembangan permukiman, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pekerjaan Umum , 2022)

 Abstrak

Bambu termasuk kekayaan hutan bukan kayu yang merupakan bagian dari kekayaan sumber daya alam Indonesia. Pemanfaatan bambu dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengurangi penebangan kayu di hutan yang keberadaannya semakin terbatas. Budidaya bambu tergolong mudah, penanamannya cukup dilakukan sekali saja. Selanjutnya bambu akan berkembang biak dengan sendirinya, bahkan lebih rimbun apabila ditanam di habitat yang sesuai. Bambu tidak perlu perawatan khusus, jika sudah cukup usianya, bambu dapat dipanen sesuai kebutuhan. Potensi bambu yang banyak dan mudah tumbuh di Kecamatan Sibolangit sudah lebih dimanfaatkan, meskipun masih sebatas untuk keranjang, perabot dan kerajinan tangan. Selain itu, bambu juga sudah digunakan untuk material bangunan, sebagai pengganti kayu. Penggunaan bambu untuk bangunan harus melewati proses pengawetan terlebih dahulu, agar bambu lebih tahan lama. Jejak teknologi atap bambu yang pernah ada di tengah-tengah masyarakat pedesaan, akan direkam ulang dalam teknologi pemasangan atap bambu sebagai alternatif material untuk atap, mulai dari kuda-kuda, gording, penutup atap dan penutup sisi segitiga atap.

 Metadata

Jenis Koleksi : Artikel Jurnal
No. Panggil : 690 MBA 57:2 (2022)
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan permukiman, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pekerjaan Umum , 2022
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
ISSN : 00254436
Majalah/Jurnal : MBA
Volume : Vol. 57, No. 2 Oktober 2022: Hal. 124-144
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated
Tipe Carrier : volume
Akses Elektronik :
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 4 R. Koleksi Jurnal
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
690 MBA 57:2 (2022) 08-23-73248310 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920521150
Cover