UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Intensi Konsumen di Jabodetabek untuk Berpartisipasi dalam Reverse logistics: Studi Kasus The Body Shop = Analyzing the Factors that Affect Consumers’ Intention to Participate in Reverse logistics in Jabodetabek: A Case Study of The Body Shop

Andreas Immanuel Mauliate; RR. Ratih Dyah Kusumastuti, supervisor; Lenny Suardi, examiner; Fajar Ayu Pinagara, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Dalam upaya pelestarian lingkungan, pengelolaan limbah adalah salah satu masalah kritis yang harus dihadapi. Masyarakat membutuhkan metode pengumpulan limbah yang baik agar sisa-sisa penggunaan mereka dapat diolah dengan baik dan tidak menimbulkan pencemaran yang lebih lanjut. Salah satu tipe limbah yang memberikan dampak negatif besar bagi dunia adalah sampah kosmetik, mulai dari limbah kemasan sampai ke limbah produksi. The Body Shop adalah salah satu perusahaan kosmetik yang menerapkan metode reverse logistics untuk menanggulangi dampak limbah kosmetik tersebut; mendorong konsumen untuk mengembalikan sisa kemasan produk perusahaan yang dimiliki untuk ditukarkan dengan reward yang ada. Penulis melakukan riset ini untuk memahami faktor-faktor yang mendorong niat konsumen untuk mengembalikan sisa kemasan mereka. Ditemukan bahwa ada variabel-variabel yang menumbuhkan niat mendaur ulang, dan niat tersebut dapat berkembang menjadi perilaku nyata. Penelitian ini dilakukan untuk menjadi tambahan referensi bagi kegiatan praktis reverse logistics dan dapat menjadi contoh bagi penelitian berikutnya yang juga mau menggali faktor-faktor yang mendorong konsumen untuk melakukan tindakan daur ulang.

In environmental conservation efforts, waste management is one of the critical issues that society is facing. Society needs a good waste collection method so that the remnants of their use can be treated properly and not cause further pollution. One type of waste that has a major negative impact on the world is cosmetic waste, ranging from packaging waste to production waste. The Body Shop is one of the cosmetics companies that has implemented reverse logistics to mitigate the impact of cosmetics waste; encouraging consumers to return their leftover packaging of the company's products in exchange for rewards. The author conducted this research to understand the factors that drive consumers' intention to return their leftover packaging. It was found that there are variables that foster recycling intentions, and these intentions can evolve into actual behavior, stating that there is a direct correlation between recycling/return intentions and behaviors. This research was conducted to serve as an additional reference for the practical activities of reverse logistics and can serve as an example for future research that also wants to explore the factors that encourage consumers to take recycling actions.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Andreas Immanuel Mauliate.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 90 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-55904411 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920522827
Cover