Visi sebaiknya tidak hanya milik pemimpin tetapi menjadi visi bersama sehingga pemimpin perlu menginspirasikan visi bersama. Penelitian-penelitian sebelumnya meneliti pengaruh grit terhadap inspire a shared vision dan ditemukan hasil yang tidak konsisten. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran moderasi identitas pengusaha pada hubungan grit dan perilaku inspire a shared vision pada pengusaha yang baru merintis usahanya. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Data diambil menggunakan kuesioner dalam bentuk gform yang disebarkan secara online melalui media sosial. Partisipan penelitian adalah pengusaha yang baru merintis usaha. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling dan diperoleh 201 partisipan yang berasal dari berbagai bidang usaha seperti online shop, jasa, dan franchise food and beverage. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur grit adalah The Grit Scale versi original. Perilaku inspire a shared vision diukur dengan menggunakan alat ukur Leadership Practices Inventory dimensi Inspire A Shared Vision. Teknik analisis data penelitian adalah analisis regresi menggunakan bantuan makro PROCESS dari Hayes yang dipasangkan pada aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai p = 0.13 dan rentang CIs = -0.33, 0.04, artinya identitas pengusaha tidak terbukti memoderasi hubungan antara grit dan perilaku inspire a shared vision. Efek moderasi yang tidak signifikan dapat disebabkan oleh ukuran sampel yang tidak sama antar kategori pengusaha dan definisi pengkategorian identitas pengusaha yang masih kurang jelas. Temuan ini dapat menjadi referensi bagi penelitian lainnya yang akan meneliti terkait dengan grit, perilaku inspire a shared vision, dan identitas pengusaha.
Vision shouldn't just belong to the leader but be a shared vision so the leader should inspire a shared vision. Prior studies examined the effects of grit on inspire a shared vision and found inconsistent results. Therefore, this study was conducted to determine the moderation role of entrepreneur identity on the relationship between grit and inspire a shared vision behavior in new entrepreneurs who are starting their businesses. The design of this study is cross sectional. The data was collected by using questionnaires in gform distributed through social media. The participants were entrepreneurs who have just started a business. The convenience sampling technique was used and obtained 201 participants who came from different business areas including online shop, services, and food and beverage franchises. The measurement tool used for measuring grit is The Grit Scale. The inspire a shared vision behavior was measured by using the Leadership Practices Inventory measuring tool dimensions of Inspire A Shared Vision. The technique for analyzing data in this study is regression analyzing with the help of the macro PROCESS from Hayes paired with SPSS applications. The results showed that p value = 0.13 and CIs range = -0.33, 0.04, indicating that the entrepreneur identities were not proved in moderating the relation between grit and inspire a shared vision behavior. The moderating effects that were not found significant may be due to unequal samples size across the entrepreneur categories and the definition of entrepreneur identities is still unclear. These findings can be a reference for other studies that will investigate the relationship between grit, inspire a shared vision behavior, and entrepreneurs' identity.