PT Tri Adi Bersama (Anteraja) adalah perusahaan startup (startup) yang bergerak
di bidang logistik dan berkantor pusat di Jakarta, Indonesia. Dengan mengusung moto
“Semangat Kolaborasi”, pengelolaan SDM difokuskan kepada pemulihan pasca COVID-
19. Induk perusahaan telah menetapkan Program Pengembangan Kompetensi Karyawan
yang tertuang pada laporan tahunan yaitu penerapan e-learning bagi Anteraja yang diberi
nama Belajaraja Learning Center. Belajaraja merupakan platform berupa e-learning bagi
para karyawan di Anteraja sebagai strategi perusahaan untuk berbagi pengetahuan,
keterampilan, dan attitudes yang dibutuhkan dalam organisasi. Belajaraja diharapkan
menjadi standard penerapan E-learning bagi seluruh perusahaan dibawah Holding Grup.
Demi mencapai hal tersebut diperlukan adanya tolak ukur penilaian sejauh mana tingkat
kematangan pada implementasi Belajaraja. Karena konsep penilaian kematangan yaitu
untuk memastikan bahwa desain/perancangan, pengembangan dan penerapan dari Elearning
Belajaraja dapat memenuhi kebutuhan karyawan, pemateri dan institusi. Tujuan
dari penelitian ini untuk mengukur tingkat kematangan implementasi e-learning
Belajaraja pada Anteraja serta rekomendasi perbaikan terhadap implementasi e-learning
Belajaraja di Anteraja. Mixed-method dipilih pada penelitian kali ini dengan
pengumpulan data menggunakan kuesioner dari e-learning maturity model. Model dipilih
berdasarkan hasil perbandingan model dan analisa 3c2s. Terdapat 8 responden yang
merupakan karyawan Anteraja yang terlibat dalam pengembangan, pemeliharaan dan
penerapan dari e-learning Belajaraja. Hasil perhitungan kematangan yaitu satisfaction
score kematangan pada e-learning Belajaraja sebesar 39 yang masih berada pada level 2
practicing. Terdapat 3 dimensi kapabilitas yang sudah memiliki kinerja yang baik pada
level 3 stabilized dan 2 dimensi kapabilitas pada level practicing. Dari segi proses
terdapat 6 proses yang sudah berada pada level 3 stabilized dan 4 proses pada level 2
practicing. Hasil dari dimensi dan proses yang masih berada pada level practicing
menghasilkan rekomendasi perbaikan pada e-learning Belajaraja.
PT Tri Adi Bersama (Anteraja) is a logistics startup with its head office in Jakarta,Indonesia. Anteraja's performance was quite satisfactory compared to previous years.Carrying out the motto "Spirit of Collaboration", HR management for the developmentof post-COVID-19 recovery. The Parent Company has established the oldest EmployeeCompetency Development Program in the annual report, namely the implementation ofe-learning for Anteraja which is named the Belajaraja Learning Center. Belajaraja is aplatform in the form of e-learning for employees at Anteraja as a strategic company toshare knowledge, skills, and attitudes needed in the organization. Belajaraja is expectedto become the standard for implementing E-learning for all companies under the HoldingGroup. In order to achieve this, it is necessary to have a benchmark for evaluating thedegree of maturity in the implementation of Belajaraja. A key concept of maturityassesment is to ensure that the design/design, development and implementation of theBelajaraja E-learning can meet the needs of employees, presenters and institutions. Thepurpose of this research is to measure the maturity level of the implementation ofBelajaraja e-learning at Anteraja as well as recommendations for improvements to theimplementation of Belajaraja e-learning at Anteraja. This study's Mixed-method waschosen by collecting data from a questionnaire from e-learning maturity model. Themodel was selected based on the results of the comparison of models and 3c2s analysis.There are 8 respondents whare Anteraja employees involved in developing, maintaining,and implementing the Belajaraja e-learning. The result of the maturity calculation is thematurity score satisfaction in the Belajaraja e-learning of 39 which is still at level 2practice. There are 3 dimensional capabilities that already have good performance at level3 stable and 2 dimensional capabilities at the training level. In terms of process, there are6 processes that are already at level 3 steady and 4 processes at level 2 practice. Theresults of the dimensions and processes that are still at the practice level producerecommendations for improvements to the Belajaraja e-learning.