UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Kombinasi Cold Therapy dan Terapi Musik untuk Nyeri pada Pasien yang dilakukan Pencabutan Selang Dada = Combination of Cold and Music Therapy on Pain Following Chest Tube Removal

Santi Apriyani; Elly Nurachmah, supervisor; Muhammad Adam, supervisor; Dally Rahman, examiner; Endang Sulistiowati, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Selang dada sering terpasang pada pasien yang telah dilakukan operasi jantung atau thorax yang berfungsi untuk memelihara fungsi kardiorespirasi dan stabilitas hemodinamik dengan mengalirkan udara, darah atau cairan yang berasal pleura dan mediastinal. Pencabutan selang dada merupakan prosedur yang menyakitkan yang dirasakan oleh hampir seluruh pasien. Tindakan pencabutan selang dada sering menyebabkan tarikan pada jaringan endotel yang melekat pada selang dada, merangsang saraf intercostal dan menginflamasi pleura. Berdasarkan evidence based kombinasi cold therapy dan terapi musik dapat mengurangi nyeri pada pasien saat pencabutan selang dada. Tujuan dari penerapan EBN ini adalah untuk mengetahui efektifitas pemberian kombinasi cold therapy dan terapi musik terhadap nyeri pada pasien yang dilakukan pencabutan selang dada. Jumlah sampel pada penerapan EBN ini adalah 20 orang dengan kriteria inklusi pasien berusia > 18 thn, terpasang selang dada (WSD), tidak ada gangguan pendengaran dan penglihatan, tidak ada gangguan mental, kesadaran compos mentis dan tidak terpasang ventilasi mekanik. Hasil penerapan EBN menunjukkan penerapan kombinasi cold therapy dan intervensi musik secara signifikan efektif terhadap nyeri pada pasien yang dilakukan pencabutan selang dada (P< 0.000, ?=0.05). Kombinasi cold therapy dan terapi musik dapat dijadikan pedoman dalam manajemen nyeri nonfarmakologis pada pasien yang dilakukan pencabutan selang dada.

Chest tubes were often placed in patients who have undergone cardiac or thoracic surgery to maintain cardiorespiratory function and hemodynamic stability. Chest tube removal was a painful procedure that was felt by almost patients. Chest tube removal often caused a pull on the endothelial tissue attached to the chest tube, stimulating the intercostal nerves and inflaming the pleura. Based on evidence based the combination of cold therapy and music therapy could reduce pain in patients during chest tube removal. The purpose of this EBN application was to determine the effectiveness of providing a combination of cold therapy and music therapy on pain in patients with chest tube extraction. The sample size was 20 people with the inclusion criteria of patients aged> 18 thn, attached chest tube (WSD), no hearing and vision impairment, no mental disorders, compos mentis consciousness and not installed mechanical ventilation. The results of the application of EBN showed that the application of a combination of cold therapy and music intervention was significantly effective on pain in patients with chest tube removal (P < 0.000, ? = 0.05). The combination of cold therapy and music therapy can be used as guideline in nonpharmacological pain management chest tube removal.

 File Digital: 1

Shelf
 SP-Santi Apriyani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : SP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xv, 198 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
SP-pdf 16-24-01893663 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920523199
Cover