UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Makna Pesan Motivasi dalam Lirik Lagu Fly dan Big Mini World Karya Jessica = The Meaning of Motivational Message in Fly and Big Mini World Lyrics by Jessica

Deananda Nabila Putri; Zaini, supervisor; Usmi, examiner; Panggabean, Lovelyta, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Salah satu bentuk sastra adalah puisi. Puisi merupakan karya sastra yang memiliki nilai estetika serta berhubungan dengan rima dan irama. Lirik lagu memiliki kesamaan unsur dengan puisi sehingga dapat dikategorikan sebagai karya sastra. Pesan yang disampaikan melalui lirik lagu dapat beragam, salah satunya adalah pesan yang memotivasi. Contoh lirik lagu dengan pesan motivasi yaitu lagu Fly dan Big Mini World karya Jessica Jung dalam albumnya yang berjudul With Love, J. Penelitian ini membahas makna motivasi dalam lagu karya Jessica Jung dengan menganalisis kata-kata yang digunakan oleh penulis lagu dalam lirik yang ditulisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat makna pesan motivasi di dalam bait-bait lirik lagu yang menjadi korpus penelitian. Makna pesan motivasi yang terdapat di dalam lagu Fly adalah pesan bagi para pendengarnya untuk selalu berusaha mencapai mimpi dengan kemauan yang kuat, dan pada lagu Big Mini World disampaikan pesan untuk berani keluar dari zona nyaman.

One form of literature is poetry. Poetry is a literary work that has aesthetic value and is related to rhyme and rhythm. Lyrics have elements in common with poetry so that it can be categorized as literary works. The messages conveyed through lyrics can vary, one of which is a motivating message. Some examples of lyrics with motivational messages are Jessica Jung's Fly and Big Mini World songs on her album With Love, J. This study discusses the meaning of motivation in Jessica Jung's song by analyzing the words used by the songwriter in the lyrics she wrote. The method used in this research is descriptive qualitative method. The results of this study indicate that there is a meaning of motivational messages in the verses of the song lyrics which form the research corpus. The meaning of the motivational message contained in the song Fly is a message for the listeners to always try to achieve dreams with a strong will, and the song Big Mini World conveys a message to dare to get out of the comfort zone.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Deananda Nabila Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 25 pages : illustrations + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-24-83580909 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920523208
Cover