UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Evaluasi Sistem Temu Kembali Informasi OPAC Perpustakaan UI = Information Retrieval System Evaluation of UI Library's OPAC

Nurul Aini Rahayu; Luki Wijayanti, supervisor; Taufik Asmiyanto, examiner; Rahmi, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

OPAC (Online Public Access Catalog) merupakan salah satu sarana temu kembali informasi yang penting untuk diimplementasi oleh perpustakaan karena tidak hanya dapat membantu pustakawan dalam mengelola koleksi perpustakaan, tetapi juga dapat membantu pengguna menemukan bahan pustaka yang dibutuhkan secara mudah dan fleksibel. Meskipun demikian, OPAC dapat mengalami permasalahan ketika pencarian dilakukan seperti dokumen yang ditemukan tidak relevan dengan kueri yang diberikan oleh pengguna, informasi yang tersedia di OPAC tidak lengkap, dan sebagainya. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui dan menilai seberapa efektif dan efisien kinerja OPAC Perpustakaan UI berdasarkan kriteria evaluasi sistem temu kembali informasi Salton dan McGill. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja OPAC Perpustakaan UI dinilai efektif dan efisien, hal ini terlihat dari rata-rata nilai precision yang berada di angka 0.87 atau tingkat precision tinggi, rata-rata waktu respons pencarian berada di angka 1,81 yang dinilai cepat, kecilnya upaya pengguna yang dibutuhkan, tampilan antarmuka OPAC Perpustakaan UI dan hasil pencarian yang disajikan dengan yang baik dan mudah untuk dipahami, serta lengkapnya cakupan koleksi yang tersedia di OPAC Perpustakaan UI.

OPAC (Online Public Access Catalog) is an retrieval information tool which is considered important to be implemented by a library because it does not only help the librarians in managing the library’s collections but it also helps the users in retrieving the library materials easily and flexibly. Even so, OPAC might experience some problems such as documents that are retrieved are not relevant to the query given by the user, the information available in the OPAC is incomplete, and so on. Therefore, this study is conducted to find out and assess how effective and efficient the performance of UI Library’s OPAC based on Salton and McGill’s information retrieval system evaluations criteries. The results of this study indicate that the performance of UI Library’s OPAC is considered to be effective and efficient, which can be seen from the average of precision value which is at 0,87 and or a high level precision, the average search response time is at 1,81 seconds which is considered fast, small user effort is required, the interface display of UI Library’s OPAC and the search results that are well-presented and easy to understand, as well as the complete collection coverage that is provided in the UI Library’s OPAC.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Nurul Aini Rahayu.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 37 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-36457744 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920523341
Cover