UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Kontribusi Leisure Satisfaction pada Subjective well-being Generasi Z yang melakukan Do-It-Yourself = Contribution of Leisure Satisfaction to the Subjective Well-being of Generation Z engaging in Do-It-Yourself Activities

Widya Faniya Mufida; Eko Handayani, supervisor; Grace Kilis, examiner; Luh Surini Yulia Savitri, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi kepuasaan waktu luang (leisure satisfaction) pada kesejahteraan subjektif (subjective well-being) Generasi Z yang melakukan kegiatan "Do-It-Yourself" (DIY). Partisipan dalam penelitian adalah 145 Generasi Z yang saat ini berusia 18—26 tahun. Penelitian ini menggunakan analisis regresi untuk mengetahui sejauh mana kepuasan di waktu luang berkontribusi terhadap kesejahteraan subjektif. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kepuasaan di waktu luang dan kesejahteraan subjektif dengan kontribusi sebesar 66,6%. Lebih lanjut, penelitian ini juga menganalisis skor yang diperoleh dari partisipan yang melakukan DIY indoor dan outdoor secara terpisah. Hasilnya menunjukkan bahwa kepuasan waktu luang dari DIY indoor memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kepuasan subjektif. Namun, kepuasan waktu luang dari DIY outdoor memiliki hubungan yang tidak signifikan dengan kepuasan subjektif. Penelitian ini dapat menjadi sumber literatur yang relevan untuk penelitian mendatang. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi dasar pertimbangan bagi Generasi Z dalam memilih aktivitas dan lokasi yang tepat untuk mengisi waktu luang mereka.

This research aims to examine the contribution of leisure satisfaction to the subjective well-being of Generation Z individuals engaging in "Do-It-Yourself" (DIY) activities. The study involved 145 Generation Z participants aged 18 to 26 years. Regression analysis was employed to assess the extent to which leisure satisfaction contributes to subjective well-being. The research findings revealed a significant positive relationship between leisure satisfaction and subjective well-being, with a contribution of 66.6%. Furthermore, the study analyzed the scores obtained from participants who engaged in DIY activities indoors and outdoors separately. The results indicated a significant positive relationship between leisure satisfaction from DIY indoor activities and subjective satisfaction. However, leisure satisfaction from DIY outdoor activities did not show a significant relationship with subjective well-being. This research can serve as a relevant literature source for future studies. Additionally, it can be a basis for Generation Z individuals to consider appropriate activities and locations to enhance their leisure time.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Widya Faniya Mufida.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 47 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-01108264 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920523373
Cover