iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dioperasikan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, yang memberikan kesempatan kepada pengguna untuk meminjam buku digital gratis melalui ponsel mereka. Meskipun begitu, beberapa ulasan negatif ditemukan di platform ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna iPusnas, mengukur keberhasilan aplikasi dalam hal efektivitas, efisiensi, kepuasan, dan pengalaman subjektif pengguna. Evaluasi ini dilakukan pada end-user group yang terdiri dari Pelajar, Pekerja, dan Ibu Rumah Tangga. Penelitian ini menggunakan metode campuran melalui usability testing, dan survei dengan System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ) sebagai teknik pengumpulan data. Hasil menunjukkan adanya sedikit perbedaan signifikan pada efektivitas. Tidak ada perbedaan signifikan di seluruh kelompok terkait efisiensi dan kepuasan. Kepuasan kelompok Pelajar menunjukkan iPusnas berada pada tingkat buruk dan kepuasan kelompok Pekerja pada Ibu Rumah Tangga berada pada tingkat cukup baik. Hasil UEQ menunjukkan aspek Kejelasan berada dalam kategori buruk pada seluruh kelompok. Implikasi, rekomendasi, dan limitasi dibahas dalam penelitian ini.
iPusnas, run by the National Library of Indonesia, is a mobile library application that enables users to borrow digital books at no cost using their mobile phones. However, certain negative reviews have emerged on the digital platform. The study aims to assess the iPusnas user experience by examining the application’s effectiveness, efficiency, user satisfaction, and the users’ subjective experiences. This assessment involves end-user groups: students, workers, and housewives. A mixed-methods approach is adopted in this study, involving usability testing and surveys using the System Usability Scale (SUS) and User Experience Questionnaire (UEQ) for data collection. The findings highlight a minor significant variation in effectiveness. No significant differences were found in efficiency and satisfaction across all groups. The satisfaction level of the student group indicates poor performance by iPusnas, whereas the worker and housewife groups showed a reasonably good satisfaction level. The UEQ scores reveal the clarity is deemed poor in all group. This study further discusses the implications, offers recommendations, and acknowledges limitations.