UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Implementasi Standar Audit (SA) 701: Pengomunikasian Hal Audit Utama dalam Laporan Auditor Independen (Studi Kasus pada KAP ABC) = Implementation of Auditing Standard (AS) 701: Communicating Key Audit Matters in The Independent Auditor’s Report (Case Study at KAP ABC)

Marina Lauren; Aria Farah Mita, supervisor; Wondabio, Ludovicus Sensi, examiner; Siahaan, Dian Tauriana, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana implementasi SA 701 di tahun pertama penerapannya dan apa saja kendala yang dihadapi auditor dalam implementasi SA 701 di tahun pertama penerapannya. Penelitian dilakukan pada salah satu KAP yang memiliki afiliasi global di Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dengan metode wawancara semi terstruktur dengan beberapa partisipan di salah satu KAP di Indonesia serta data sekunder dengan memperoleh peraturan dan memo internal yang dikeluarkan oleh KAP tersebut terkait imlementasi SA 701 kepada seluruh karyawannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KAP ABC telah memiliki persiapan dan pelaksanaan implementasi SA 701 yang memadai. Kendala utama yang dihadapi oleh auditor adalah penyusunan tata bahasa dalam paragraf hal audit utama, penentuan tingkat signifikansi yang sifatnya subjektif, penyesuaian atas ritme kerja auditor dan biaya audit, serta masih ada perbedaan definisi emiten oleh IAPI dan OJK.

This study aims to analyze how the implementation of AS 701 and describe the obstacles faced by auditors in implementing AS 701 in the first year of its adoption. The research was conducted at one of the Public Accounting Firms in Indonesia that has a global affiliation. This study used semi-structured interview with several participants in the firm and obtained regulations or internal memos issued by the firm regarding the implementation of AS 701 to all employees. The results showed that Public Accounting Firm ABC has had adequate preparation and execution of AS 701 implementation. The main obstacles faced by auditors are the preparation of the wording in the KAM paragraph, the subjective determination of the level of significance, adjustment to the auditor's work pace and audit fee, and there are still differences in the definition of listed company by IAPI and OJK.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Marina Lauren.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 55 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-pdf 15-24-73176321 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920523399
Cover