UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pengaruh Tingkat Penggunaan Informal Learning Space terhadap Tingkat Produktivitas Belajar pada Kalangan Mahasiswa: Analisis Mahasiswa Pengunjung Coffee Shop di Wilayah Jabodetabek = The Influence of Informal Learning Space Utilization Level on Learning Productivity Level among College Students: Analysis of Coffee Shop College Students Visitors in the Jabodetabek Region

Devi Naufalesa Sekarsari; Pattinasarany, Indera Ratna Irawati, supervisor; Lucia Ratih Kusumadewi, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat penggunaan Informal Learning Space terhadap tingkat produktivitas belajar yang dimiliki oleh mahasiswa. Pada penelitian ini, tingkat penggunaan Informal Learning Space dipandang sebagai salah satu faktor yang berhubungan dengan tingkat produktivitas belajar pada kalangan mahasiswa. Studi-studi terdahulu terkait produktivitas belajar berfokus pada aspek media pembelajaran, aspek iklim pembelajaran, dan aspek fasilitas pendukung. Studi-studi di atas secara garis besar mengacu pada pembahasan produktivitas belajar sistem pembelajaran formal yang tercipta di dalam lingkungan universitas. Namun, belakangan ini timbul fenomena penggunaan tempat belajar informal, seperti coffee shop yang dapat mendorong terjadinya peningkatan produktivitas belajar karena adanya fasilitas, teknologi, dan suasana yang mendukung terjadinya proses belajar. Berdasarkan hal tersebut, peneliti menetapkan hipotesis semakin tinggi tingkat penggunaan Informal Learning Space , maka semakin tinggi pula tingkat produktivitas belajar mahasiswa serta terdapat hubungan antara tingkat penggunaan Informal Learning Space terhadap tingkat produktivitas belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran survei online menggunakan platform Google Form kepada 150 responden dari mahasiswa aktif program studi Sarjana (S1) dan Diploma (D1/D2/D3/D4) di wilayah Jabodetabek. Responden dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik penarikan sampel purposive sampling, peneliti juga menggunakan metode wawancara mendalam untuk mendapatkan data yang lebih kaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat penggunaan Informal Learning Space dengan tingkat produktivitas belajar (0,000 < 0,050) dengan kekuatan hubungan yang sedang (0,534) dan memiliki arah hubungan positif serta memiliki signifikansi pada tingkat populasi (0,000). Hasil tersebut didukung oleh data wawancara mendalam, di mana mayoritas mahasiswa merasa produktivitas belajarnya meningkat saat melakukan kegiatan belajar di coffee shop yang memiliki fasilitas yang tidak mengganggu konsentrasi mahasiswa.

This study aims to analyze the influence between the level of the use of Informal Learning Space and the level of learning productivity possessed by college students. In this study, the level of use of Informal Learning Space is seen as one of the factors related to the level of learning productivity among college students. Previous studies related to learning productivity focused on aspects of learning media, aspects of the learning climate, and aspects of supporting facilities. The studies above broadly refer to the discussion of learning productivity of formal learning systems that are created within the university environment. However, recently there has been a phenomenon of the use of informal learning places, such as coffee shops which can encourage increased learning productivity due to the facilities, technology, and atmosphere that support the learning process. Based on this, the researchers set the hypothesis that the higher level of the use of Informal Learning Space, the higher level of student learning productivity and there is a relationship between the level of the use of Informal Learning Space and the level of learning productivity. This study uses a quantitative approach with data collection methods through the distribution of online surveys using the Google Form platform to 150 respondents from active students of Bachelor (S1) and Diploma (D1/D2/D3/D4) study programs in the Jabodetabek area. Respondents in this study were obtained through a purposive sampling technique, researchers also used in-depth interviews to obtain richer data. The results showed that there was a relationship between the level of the use of Informal Learning Space and the level of learning productivity (0.000 <0.050) with a moderate relationship strength (0.534) and had a positive direction and also had significance at the population level (0.000). These results are supported by in-depth interview data, that college students feel their learning productivity increases when carrying out learning activities in a coffee shops that has facilities that do not disturb student concentration.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Devi Naufalesa Sekarsari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xx, 177 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-61624381 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920523992
Cover