UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Ambivalensi Pertemanan Emosional dan Pertemanan Instrumental dalam Lingkungan Kerja Magang: Refleksi Kegiatan Magang dalam Program Lingtership di Perusahaan Linguo ID = The Ambivalence of Emotional Friendship and instrumental Friendship in The Internship Work Environment: Reflections on The Lingtership Program at Linguo ID

Erlyta Claudia Ratnasari; Ezra Mahresi Choesin, supervisor; Geger Riyanto, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Pertemanan adalah sebuah hubungan sosial yang tidak pernah dinyatakan atau disepakati secara eksplisit seperti apa relasi yang terjalin di antara individu yang terlibat, terlebih dalam hubungan pertemanan di lingkungan kerja, yang erat kaitannya dengan hubungan timbal-balik secara ekonomi. Oleh karena itu, seringkali terjadi ambivalensi di antara hubungan yang bersifat emosional dengan hubungan yang bersifat instrumental dalam lingkup pertemanan pekerja. Makalah ini merupakan bentuk refleksi pengalaman magang saya selama tiga bulan (Agustus 2022-November 2022) sebagai anggota divisi Business Development tim KOL-Specialist di Linguo ID. Penulisan berfokus pada bagaimana upaya perusahaan membentuk hubungan pertemanan emosional di dalam kelompok magang melalui rangkaian agenda weekly meeting. Berdasarkan pengalaman saya di tempat magang, pertemanan emosional yang terjalin baik di antara pekerja magang dan atasan perusahaan pada akhirnya mampu meningkatkan produktivitas kerja magang dan membantu keberhasilan program Lingtership, sehingga hubungan yang terjalin emosional kemudian tampak sebagaimana layaknya hubungan instrumental terjalin. Dengan demikian, dapat dilihat bahwa ambivalensi di antara kedua bentuk hubungan pertemanan, khususnya pertemanan di lingkungan tempat bekerja, dapat terjadi di dalam waktu dan konteks-konteks tertentu.

Friendship is a social relationship that has never been explicitly stated or agreed on what kind of relationship exists between the individuals involved, especially the friendships in the work environment, which are closely related to economic reciprocity. Therefore, there is often ambivalence between emotional relationships and instrumental relationships in the circle of worker friendships. This paper is written as a reflection of my experience during the three-month internship (August 2022-November 2022) as a member of the Business Development division and KOL-Specialist team at Linguo ID. This writing focuses on how the company's efforts to form emotional friendships within the apprentice group through a chain of weekly meeting agendas. Based on my internship experience, emotional friendships that are well established between interns and employees are able to increase the productivity of apprentices and help the success of the Lingtership program, so that the emotional relationship then looks like an instrumental relationship. Thus, it can be seen that the ambivalence between the two forms of friendship, especially friendship in the workplace environment, can occur in certain times and contexts.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Erlyta Claudia Ratnasari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 48 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-15160734 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920524229
Cover