UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Aku Ata Nggela, Kamu Ata Mai: Etnografi Hubungan Tuan Rumah dan Tamu di Desa Nggela, Flores?Nusa Tenggara Timur = Aku Ata Nggela, Kamu Ata Mai: Ethnography of Host and Guest Relationship in Nggela Village, Flores—East Nusa Tenggara

Ibnu Sabil Santoso; Imam Ardhianto, supervisor; Geger Riyanto, examiner; Salfia Rahmawati, examiner (Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Keramahtamahan merupakan sikap dasar dari manusia sebagai makhluk sosial dalam menjalin hubungan dengan manusia yang lain, begitu pula dalam hubungan tuan rumah dan tamu. Sebagai mahasiswa antropologi, menjadi menarik untuk melihat hubungan tuan rumah dan tamu dalam konteks seorang peneliti antropologi dengan kelompok masyarakat yang ditelitinya. Saya melakukan penelitian di Desa Nggela untuk melihat hubungan antara ata Nggela dan ata mai sebagai konteks hubungan tuan rumah dan tamu dalam masyarakat Indonesia. Penelitian ini turut menitikberatkan pada pengalaman para peneliti antropologi dengan status orang asing dapat masuk ke dalam kehidupan ata Nggela. Saya turut menjadi subjek penelitian dengan menekankan refleksi kerangka kerja etnografi dan pemahaman terhadap keramahtamahan. Pada akhirnya, penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan bagaimana hubungan tuan rumah dan tamu dengan fokus hubungan antara masyarakat setempat—ata Nggela dengan peneliti antropologi—ata mai.

Hospitality is a basic attitude of humans as social beings in establishing relationships with other humans, as well as in the relationship between hosts and guests. As an anthropology student, it is interesting to look at the relationship between host and guest in the context of an anthropological researcher and the community being researched. I conducted research in Nggela Village to look at the relationship between ata Nggela and ata mai as the context of host and guest relationships in Indonesian society. This research also focuses on the experiences of anthropological researchers with the status of foreigners who can enter the lives of ata Nggela. I became a research subject by emphasizing reflections on ethnographic frameworks and understandings of hospitality. In the end, this research aims to explain the relationship between host and guest with a focus on the relationship between the local community—ata Nggela and the anthropological researcher—ata mai.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Ibnu Sabil Santoso.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 114 pages + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-35563635 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920524245
Cover