UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

"Memanusiakan Manusia": Refleksi Antropologis Atas Pelaksanaan Caring Terhadap Anak-Anak Penyandang Disabilitas di Belantara Budaya Indonesia = “Humanizing Humans”: Anthropological Reflection on Implementation Caring Against Children with Disabilities in Belantara Budaya Indonesia

Theresia Rachelita Devia Irani; Dian Sulistiawati, supervisor; Hestu Prahara, examiner; Imam Ardhianto, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Makalah Ilmiah Akhir ini merupakan hasil refleksi dari kegiatan magang saya sebagai caregiver di Sekolah Tari Tradisional Gratis Umum dan Disabilitas Belantara Budaya Indonesia. Proses dan dinamika yang terjadi selama saya melakukan dan membantu upaya caring dengan tujuan membangun kepercayaan diri, kemandirian, dan keberanian pada anak-anak penyandang disabilitas menjadi fokus pembahasan makalah ini. Pada akhirnya caring yang dilakukan dapat membawa perubahan positif pada kepribadian anak- anak penyandang disabilitas. Kegiatan caring terhadap anak-anak penyandang disabilitas di Belantara Budaya Indonesia telah memberikan pelajaran berharga bagi saya dalam mempraktikkan hakikat dari antropologi untuk “memanusiakan manusia”. Interaksi dan komunikasi saya dengan anak-anak penyandang disabilitas telah mengajarkan saya cara menghargai sesama dengan segala kemampuan dan kekurangan yang mereka miliki.

This Final Scientific Paper is the result of a reflection of my internship activities as caregiver for children with disabilities in Belantara Budaya Indonesia. The processes and dynamics that occurred while I was caring with the aim of building self-confidence, independence, and courage in children with disabilities are the focus of this paper's discussion. In the end, the caring that I do can bring positive changes to the personalities of the children with disabilities that I care for. Caring activities for children with disabilities in Belantara Budaya Indonesia have provided valuable lessons for me in practicing the essence of anthropology to "humanize humans". My interaction and communication with children with disabilities has taught me how to respect others with all the abilities and deficiencies they have.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : viii, 28 pages
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-92869510 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920524936
Cover