UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Perencanaan Sumber Daya Keselamatan Konstruksi Pada Struktur Atas Pembangunan Stadion Berbasis Bim = Bim-Based Resource Planning for Construction Safety in Upper Stadium Structure Development

Mutia Zahra Nurul Aini; Rossy Armyn Machfudiyanto, supervisor; Ayomi Dita Rarasati, examiner; Ayu Herzanita Yufrizal, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Pembangunan Infrastruktur di Indonesia sedang dilakukan dengan gencar. Infrastruktur seperti Stadion, sebagai salah satu wajah Indonesia, masih  menelan banyak korban dalam pembangunannya. Untuk itu diperlukan sasaran dan program keselamatan konstruksi dengan sumber daya yang memumpuni. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan sumber daya daya keselamatan konstruksi berbasis BIM pada struktur atas Stadion. Dengan menggunakan BIM, perencanaan sumber daya keselamatan konstruksi, akan lebih singkat dan biaya yang dikeluarkan akan lebih rendah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif ddan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah risiko dan faktor bahaya menggunakan WBS pada proyek pembangunan Stadion. Penelitian ini pada akhirnya akan menghasilkan strategi manajemen keselamatan konstruksi dan akan mengukur dampak penggunaan BIM terhadap kinerja keselamatan konstruksi.

Infrastructure is being developed at a high rate in Indonesia. Infrastructures like stadiums, as one of the objects of pride of Indonesia, still claimed many casualties in its construction. Therefore, a construction safety program and goal is needed along with capable resources. One example of such resource is Personal Protective Equipment (PPE). This study aims to create a plan for BIM-based construction safety resource in stadiums' upper structure. By using BIM, the planning of safety resource. The study used qualitative and quantitative methods, and the results found risks and danger factors in using WBS in stadium constructions. Finally, this study will result in a construction safety management strategy and will measure the impact of BIM usage on construction safety performance.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Mutia Zahra Nurul Aini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 317 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-74119037 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920525315
Cover