UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Menelisik Vernakularisme pada Hunian Lokal Gunung Kembar Melalui Studi Tipologi Arsitektur = Examining Vernacularism in Gunung Kembar Local Housing by Architectural Typology Studies

Mukti Ali; Simatupang, Rossa Turpuk Gabe, supervisor; Sihombing, Antony, examiner; Joko Adianto, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Penulisan ini membahas tentang kemungkinan hadirnya nilai-nilai yang terkandung pada arsitektur vernakular di dalam suatu kawasan. Di dalam kawasan pedesaan, hunian-hunian yang dimiliki oleh masyarakat setempat memiliki kecenderungan untuk dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan dan kehidupan sosial budaya di sekitarnya. Hunian rural yang ada di sekitar kawasan perairan-pesisir tentu juga mengalami adaptasi yang menyesuaikan dengan fenomena-fenomena alam yang terjadi. Kompleksitas yang hadir di dalam kawasan dapat mempengaruhi bentuk-bentuk hunian yang ada. Di dalam konteks hunian rural, sering muncul bentuk-bentuk serupa yang tersebar dalam skala yang luas. Budaya dan tradisi sering menjadi pengaruh terhadap homogenitas di dalam suatu kawasan. Melalui studi tipologi arsitektur terhadap temuan-temuan yang ada di kawasan, relasi antara bentuk dan aspek yang mempengaruhi bisa diidentifikasi. Proses identifikasi bisa berdasarkan pada bentuk-bentuk geometri, tata letak, dimensi, dan corak tertentu. Dengan mengetahui hubungan antara bentuk hunian dengan kondisi alam dan unsur budaya masyarakat di sekitarnya, maka nilai-nilai vernakularisme di dalam kawasan bisa dipahami lebih lanjut. Studi ini mengungkapkan karakteristik-karakteristik yang khas pada hunian rural di suatu kawasan dan menghubungkannya ke dalam lingkup arsitektur vernakular.

This study discusses the possibility of the presence of vernacular architecture values in an indigenous area. In indigenous rural areas, local housing has a tendency to adapt to environmental conditions and socio-cultural life in their surroundings. As well as rural housing that is located around the water-coastal area that makes an adaption through natural phenomena. The presence of complexity in the area can affect the existing forms of rural housing. In the context of rural housing, the similarity of forms often appears which are spread out on a wide scale. Culture and tradition have the influence to make homogeneity within a rural area. Through a study of architectural typology on the findings in the indigenous area, the relationship between forms and the influencing aspects can be identified. The identification process can be based on geometric, layout, dimensions, and certain patterns. By knowing the relationship between the form of housing to natural conditions and cultural elements of the surrounding community, vernacular values in the area can be further understood. This study reveals the unique characteristics of rural housing in an indigenous area and relates them to the scope of vernacular architecture.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Mukti Ali.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 65 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-23-36286284 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920526078
Cover