UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Hubungan Antara Empathy dan Personal Disaster Exposure dengan Pertolongan Bencana Alam = Exploring the Relationship Between Empathy and Personal Disaster Exposure With Natural Disaster Helping

Nadya Alifia Putri; Endang Parahyanti, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Meningkatnya jumlah bencana alam dari waktu ke waktu telah menghasilkan semakin banyak penelitian yang meneliti korelasi psikologis dari berbagai macam perilaku prososial yang muncul selama bencana alam. Studi ini berkontribusi pada literatur dengan meneliti hubungan antara dua variabel psikologis yang diperkirakan terkait dengan bantuan bencana alam, yaitu empathy dan personal disaster exposure. Untuk penelitian ini, peneliti melakukan survei convenience sampling terhadap 327 orang dari masyarakat. Dalam memilih sample untuk penelitian ini, peneliti mengecualikan siswa dalam mata kuliah terkait yang sedang melakukan proyek penelitian dan orang-orang yang menyatakan bahwa mereka tidak pernah terkena dampak dari bencana alam. Seperti yang telah diprediksikan, hasil penelitian menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara empathy dan pertolongan bencana alam. Hasil serupa juga ditemukan pada variabel kedua penelitian dimana juga ditemukan adanya hubungan positif yang signifikan antara personal disaster exposure dan pertolongan bencana alam. Temuan ini kemudian diharapkan bisa berfungsi sebagai prediktor perilaku membantu selama bencana alam.

The increase in the number of natural disasters over time has resulted in the growing body of research that investigates the psychological correlates of prosocial behaviour that emerges during natural disasters. The present study contributed to the literature by investigating the relationship between two psychological variables that are predicted to be related to natural disaster helping, namely empathy and personal disaster exposure. For this study, we describe a convenience sampling survey of 327 people from the community, excluding students in the course conducting the research project and people who reported to have never been affected by a natural disaster. As expected, the findings show a significant positive relationship between empathy and natural disaster assistance. Similar finding was also discovered in the other variable, as there is a significant positive relationship between personal disaster exposure and natural disaster helping. These findings could serve as a predictor of helping behaviour during natural disasters.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Nadya Alifia Putri.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : ix, 17 pages : illustration
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-23-49866111 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920526531
Cover