UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Metafora Konseptual Sisi Gelap Berlin pada Lagu Schwarz zu Blau oleh Peter Fox (2008) = Conceptual Metaphors on the Dark Side of Berlin in the Song "Schwarz zu Blau" by Peter Fox (2008)

Ginta Shafira Distirani Nawangwulan; Julia Wulandari, supervisor; Muhammad Arie Andhiko Ajie, examiner; Dias Rifanza Salim, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai metafora konseptual dari sisi gelap kota Berlin dengan menggunakan korpus berupa lagu yang berjudul Schwarz zu Blau oleh penyanyi sekaligus penulis lirik Peter Fox. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ranah sumber, ranah sasaran dan alasan yang dipakai dalam menggambarkan keadaan di kota Berlin. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode deskriptif kualitatif menurut Creswell dan Creswell (2018). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori metafora konseptual yang dikemukakan oleh Lakoff dan Johnson (2003). Hasil dari penelitian ini adalah data yang berjumlah tujuh konsep sisi gelap Berlin yang mengandung metafora konseptual yang terklasifikasikan ke dalam lima konsep besar, yaitu konsep gelap terang, konsep personifikasi Berlin, konsep zat adiktif, konsep kriminal dan konsep tunawisma. Penulis mendapatkan hasil bahwa seluruh metafora konseptual merupakan metafora struktural dan tidak ada data yang merupakan metafora ontologis. Selain itu, hanya ditemukan satu metafora konseptual orientasional dalam penelitian ini.

The study of Conceptual Metaphors on the Dark Side of Berlin in the Song “Schwarz zu Blau” by Peter Fox (2008) discusses about the conceptual metaphor that solely focuses on the dark side of Berlin. The purpose of this study is to describe the source and target domain and the classification of the conceptual metaphor. The method used in this study is descriptive qualitative by Creswell and Creswell (2018). This study is based on the theory of conceptual metaphor by Lakoff and Johnson (2003) This study resulted in the founding of seven metaphorical concepts of the dark side of Berlin. These concepts are classified into five big concepts, such as the personification of Berlin, addictive substances, criminal, and homelessness. All the results came out as structural metaphor and there was only one data that classified as orientational metaphor. None of the data were ontological metaphor.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Ginta Shafira Distirani Nawangwulan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : Libui ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource (rda carries)
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-24-93861425 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920527605
Cover