UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Pola Spasial Penggunaan Bookhive di Taman-Taman Kota Jakarta = Spatial Pattern of Bookhive Usage in Parks in Jakarta City

Chairun Nisa Efendi; Widyawati, supervisor; Iqbal Putut Ash Shidiq, examiner; Riza Putera Syamsuddin, examiner (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Perpustakaan publik pada umumnya sering menjadi tujuan para pengguna untuk menikmati sumber daya dan layanan perpustakaan. Namun, terdapat penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa perpustakaan di taman dapat lebih optimal dalam menyediakan layanan dan ketika menarik pengguna. Jakarta Bookhive merupakan perpustakaan kecil publik berbentuk rak buku yang terletak di beberapa taman-taman Kota Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik Bookhive, karakteristik pengunjung Bookhive, dan menilai pola spasial penggunaan Bookhive di taman-taman Kota Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis datanya, yaitu analisis deskriptif dengan tabulasi silang dan analisis komparasi spasial. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa tidak semua Bookhive yang berada di taman memiliki karakteristik yang sama. Bookhive yang berada jauh dari pintu masuk, terletak di area hijau yang luas, memiliki pepohonan rindang, dan suasana yang tenang akan lebih dapat menarik pengunjung Bookhive untuk datang dan melakukan kegiatan. Pengunjung yang datang ke Bookhive rata-rata adalah perempuan dewasa yang hanya 1-2 kali dalam sebulan datang ke Bookhive pada hari libur dan dalam pemilihan ruangnya tidak terdapat perbedaan antar karakteristik pengunjung. Penggunaan Bookhive di setiap taman pun berbeda-beda, tetapi memiliki kesamaan secara keruangan. Pengunjung yang memiliki kegiatan membaca buku akan menggunakan area dekat dengan Bookhive, pengunjung yang menikmati suasana Bookhive akan memilih area di sekitar Bookhive, dan pengunjung yang memiliki kegiatan pribadinya akan memilih area yang tidak jauh dari Bookhive atau masih di dalam area Bookhive, tetapi lebih privat dibandingkan area lainnya yang berada di taman.

Public libraries in general are often the destination for users to enjoy library resources and services. However, there is previous research which found that libraries in parks can be more optimal in providing services and when attracting users. Jakarta Bookhive is a small public library in the form of a bookshelf located in several parks in the city of Jakarta. This study aims to determine the characteristics of Bookhive, the characteristics of Bookhive visitors, and assess the spatial pattern of Bookhive use in parks in Jakarta City. This study uses quantitative methods with data analysis, namely descriptive analysis with cross tabulation and spatial comparative analysis. The results of this study found that not all Bookhives in the park have the same characteristics. The Bookhive which is far from the entrance, is located in a large green area, has shady trees, and a calm atmosphere will be more able to attract Bookhive visitors to come and do activities. Visitors who come to the Bookhive on average are adult women who only come 1-2 times a month to the Bookhive on holidays and in the choice of space there is no difference between the characteristics of the visitors. The use of the Bookhive in each park is different, but they have spatial similarities. Visitors who have book-reading activities will use the area close to the Bookhive, visitors who enjoy the Bookhive atmosphere will choose the area around the Bookhive, and visitors who have personal activities will choose an area that is not far from the Bookhive or still in the Bookhive area, but more private than other areas in the park.

 File Digital: 1

Shelf
 S-Chairun Nisa Efendi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Skripsi Membership
No. Panggil : S-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LIbUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xvi, 124 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-pdf 14-24-62855122 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920527774
Cover