UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengkajian Resep Obat di Klinik Kimia Farma Buncit Raya = Study of Drug Prescriptions at the Kimia Farma Buncit Raya Clinic

Jehezkiel Kenneth Guilio; Mahdi Jufri, supervisor (Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Pelayanan farmasi klinik merupakan pelayanan langsung yang diberikan apoteker kepada pasien dalam rangka meningkatkan outcome terapi dan meminimalkan terjadinya risiko efek samping karena obat, untuk tujuan keselamatan pasien sehingga kualitas hidup pasien terjamin. Salah satu kegiatan pelayanan farmasi klinik yang penting dilakukan oleh apoteker di apotek adalah pengkajian dan pelayanan resep. Pengkajian resep merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menganalisa kemungkinan terjadinya masalah terkait obat yang terdapat pada resep. Aspek yang dikaji untuk melihat kemungkinan terjadinya masalah terkait obat adalah aspek administrasi, farmasetik, dan klinis dari resep yang diberikan dokter. Dengan dilakukannya pengkajian resep ini, diharapkan terjadinya kesalahan pemberian obat (medication error) pada pasien dapat diminimalisir. Kesalahan yang terjadi pada proses peresepan obat dapat merugikan pasien karena dapat menyebabkan terapi obat yang diberikan pada pasien mengalami kegagalan. Pada laporan ini, dilakukan pengkajian resep obat yang berada di Klinik Kimia Farma Buncit Raya yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Dengan begitu, penulis berharap resep yang diresepkan dapat memberikan obat yang sesuai dengan aspek administrasi, farmasetika, dan klinis yang telah diatur oleh perundang-undangan. Berdasarkan hasil pengkajian yang dilakukan, masih memiliki beberapa kekurangan informasi yang perlu dilengkapi dan ditindaklanjuti baik pada aspek administrasi, farmasetika, dan klinis.

Clinical pharmacy services are direct services provided by pharmacists to patients in order to improve therapeutic outcomes and minimize the risk of side effects due to drugs, for the purpose of patient safety so that the patient's quality of life is guaranteed. One of the important clinical pharmacy service activities carried out by pharmacists in pharmacies is reviewing and serving prescriptions. Prescription review is an activity carried out to analyze the possibility of problems related to the drugs contained in the prescription. The aspects that are studied to see the possibility of drug-related problems are the administrative, pharmaceutical, and clinical aspects of the prescription given by the doctor. By conducting this prescription review, it is hoped that medication errors in patients can be minimized. Errors that occur in the process of prescribing drugs can be detrimental to patients because they can cause drug therapy given to patients to fail. In this report, an assessment of drug prescriptions was carried out at the Kimia Farma Buncit Raya Clinic which had never been done before. That way, the authors hope that the prescriptions prescribed can provide drugs that are in accordance with administrative, pharmaceutical, and clinical aspects that have been regulated by law. Based on the results of the studies conducted, there are still some information deficiencies that need to be completed and followed up on both the administrative, pharmaceutical, and clinical aspects.

 File Digital: 1

Shelf
 PR-Jehezkiel Kenneth Guilio-1.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : PR-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 23 pages ; illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PR-pdf 16-24-15320144 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920527896
Cover