UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Rumah Sakit Bethesda Kotabaru Daerah Istimewa Yogyakarta: Kajian Nilai Penting Dan Adaptasi Bangunan Cagar Budayanya = Bethesda Hospital Kotabaru Special Region Of Yogyakarta: A Study On The Significant Values And Adaptations Of Its Cultural Heritage Building

Caecilia Sekarkinanti Hartoko; Agi Ginanjar, supervisor; Nasution, Isman Pratama, examiner; Supratikno Rahardjo, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Tulisan ini membahas mengenai Rumah Sakit Bethesda di Kotabaru, Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya Bangunan Petronella, yang telah mengalami berbagai perkembangan fisik untuk mendukung kebutuhan akan fasilitas pelayanan kesehatan dan sebagai “living monument” yang digunakan hingga saat ini tanpa mengubah nilai-nilai penting yang ada di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai penting yang terkandung dalam bangunan cagar budaya tersebut serta menganalisis kesesuaian penerapan adaptasi yang sudah dilakukan dalam bangunan cagar budaya tersebut dengan pedoman adaptasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian arkeologi yang meliputi formulasi dan implementasi penelitian, pengumpulan data, pemrosesan data, analisis data, dan penafsiran data. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa bangunan tersebut mengandung nilai-nilai sejarah, nilai ilmu pengetahuan, nilai pendidikan, nilai agama, dan nilai kebudayaan. Penelitian ini pun menyimpulkan bahwa seluruh kegiatan adaptasi yang telah dilakukan pada bangunan disesuaikan dengan pedoman adaptasi serta peraturan yang berlaku.

This paper discusses the Bethesda Hospital in Kotabaru, Special Region of Yogyakarta–the Petronella Building–which has undergone various physical developments to support the need for health service facilities as well as a “living monument” that continues to be used today without changing important existing values inside it. This study aims to identify the significant values contained in the cultural heritage building and to analyze whether the adaptations that has been carried out in the cultural heritage building is in accordance with the adaptation principles. This research uses archaeological research methods which include research formulation and implementation, data collection, processing, analysis and interpretation. The research results obtained are that the building contains historical, scientific, educational, religious and cultural values. This study also concluded that all adaptation activities that have been carried out on buildings are in fact, in accordance with the adaptation guidelines and regulations.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Caecilia Sekarkinanti Hartoko.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xix, 86 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : 2023
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-24-98882395 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920528105
Cover