UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

UI - Makalah dan Kertas Kerja :: Kembali

Metafora Konseptual dalam Lirik Lagu Album Luminous oleh Kitou Akari = Conceptual Metaphor in the Lyrics of the Album Luminous by Kitou Akari

Ritzqi Bayou Samudera; Filia, examiner; Lea Santiar, examiner; Ariestyani Wahyu Perwitasari, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai jenis ungkapan metaforis yang terkandung dalam lirik-lirik lagu pada album Luminous oleh Kitou Akari serta makna yang terkandung di dalamnya, dari sudut pandang metafora konseptual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori metafora konseptual dari Lakoff dan Johnson (1980). Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan makna yang terkandung dalam ungkapan metafora pada lirik lagu dalam album tersebut dan mengklasifikasikannya sesuai dengan sudut pandang metafora konseptual. Dalam penelitian ini ditemukan 36 ungkapan metaforis, yang terbagi ke dalam metafora struktural, metafora orientasional, dan metafora ontologis. Ungkapan metaforis yang ditemukan mempunyai makna mengenai emosi serta sudut pandang baru mengenai hidup Kitou Akari selama bertambahnya usia yang ingin ia sampaikan melalui album tersebut.

This study aims to discuss the types of metaphorical expressions found in the lyrics of the album Luminous by Kitou Akari, as well as the meanings contained within them, from the perspective of conceptual metaphor. This research employs a qualitative approach using the conceptual metaphor theory by Lakoff and Johnson (1980). The purpose of this study is to explain the meanings conveyed through metaphorical expressions in the lyrics of the album and classify them according to the conceptual metaphor perspective. The study identified 36 metaphorical expressions, which are categorized into structural metaphor, orientational metaphor, and ontological metaphor. The metaphorical expressions found convey meanings related to emotions and Kitou Akari's new perspectives of life as she grows older, which she intends to convey through the album.

 File Digital: 1

Shelf
 MK-Ritzqi Bayou Samudera.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Makalah dan Kertas Kerja
No. Panggil : MK-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
MK-pdf 11-24-19428922 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920528532
Cover